Cara Jitu Memberi Makan Iguana Albino Dengan Benar

Cara Jitu Memberi Makan Iguana Albino Dengan Benar

Iguana albino sangat bergantung pada lingkungan untuk bertahan hidup. Iguana albino adalah makhluk yang sangat sensitif. Sebagai hewan peliharaan, iguana albino harus diperlakukan dengan baik dalam segala hal  agar dapat bertahan hidup di penangkaran.

Yang penting untuk merawat iguana albino adalah memperhatikan makanan yang harus diberikan. Ini merupakan tanggung jawab sobat Exotic untuk memberi makan dengan benar. Iguana albino perlu dirawat dengan baik. Bahasan berikutnya adalah informasi rinci tentang apa, kapan, bagaimana dan di mana memberi makan iguana albino.

Secara ilmiah, iguana albino adalah hewan herbivora, jadi makanan iguana harus terdiri dari tanaman berdaun hijau. Namun, masih ada sobat Exotic yang memberi makan iguana berupa protein hewani dan serangga. Iguana sangat sensitif dan bahkan kesalahan kecil dapat menyebabkan kerusakan besar.

Ketika iguana mendapati serangga pada tanaman yang mereka makan, iguana pada akhirnya memakan keduanya.Sebenarnya iguana terbukti sebagai hewan herbivora.

Disarankan untuk memberi makan sayuran daripada memberikan serangga atau protein hewani. Ini adalah tips dari dokter hewan dan breeder profesional. Ini juga cara untuk meningkatkan kesehatan tubuh iguana peliharaan sobat.

iguana albino

Iguana albino juga membutuhkan air mineral, jadi pastikan untuk memberi mereka air bersih yang cukup. Iguana albino biasanya memasukkan kepala ke dalam wadah ketika minum air, jadi pastikan sobat Exotic memberi mereka wadah air mineral yang tinggi. Kadang-kadang iguana albino juga terlihat menjilati tetesan kecil air dari tanaman.

Iguana albino harus terus-menerus disuplai dengan air mineral. Iguana albino tidak boleh diberikan sisa buah karena sistem pencernaan mereka dapat terpengaruh dan menyebabkan penyakit bahkan terkadang kematian mendadak.

Sobat Exotic perlu memberikan minum dan makan setiap hari secara teratur. Waktu terbaik untuk memberikan makan adalah satu jam setelah bangun tidur. Pemberian pakan dapat dilakukan secara teratur sepanjang hari,

Info Pets Selanjutnya  Iguana Badak Peliharaan Yang Mudah Dikawinkan

Memberi iguana albino makan di pagi hari terbukti membantu proses pencernaan. Suhu pagi yang optimal menyediakan lingkungan yang cocok untuk pencernaan makanan.

Ukuran iguana akan memberi sobat Exotic gambaran tentang berapa banyak makanan yang harus sobat berikan. Sobat Exotic dapat memberi makan sebanyak yang iguana albino inginkan. Iguana albino harus diberi makan dalam wadah plastik, gelas atau keramik.

Ada banyak jenis sayuran dan buah yang cocok untuk pakan, jadi beri makan iguana albino dengan variasi menu. Ini akan membuat iguana albino tetap nyaman dan sehat. Iguana albino di alam liar diketahui mengkonsumsi berbagai tanaman liar dan buah apel.

Sangat penting untuk memberi iguana albino akses sinar matahari yang cukup. Sinar matahari mengandung kalsium, yang membantu mencerna makanan. Jadi berikan iguana albino makanan yang tepat dan jumlah yang tepat agar mereka tetap sehat.

Cara Memotong Cakar Iguana Albino

Setiap hewan peliharaan memiliki kebutuhan khusus, dan kebutuhan ini berbeda untuk setiap spesies. Iguana albino tidak berbeda. Adalah tanggung jawab sobat Exotic sebagai pemilik hewan peliharaan untuk merawatnya dengan baik.

Salah satu prosedur perawatan khusus dalam merawat iguana adalah pemotongan cakar. Ini bukan tugas yang memakan waktu lama dan harus dilakukan secara teratur dan benar.

Cakar yang tidak dipangkas akan menimbulkan banyak masalah. Pertama-tama, mereka dapat sangat menyakiti saat sobat Exotic menangani iguana. Kedua, iguana dengan cakar panjang yang tajam juga dapat melukai diri mereka sendiri.

Saat cakar iguana tumbuh, cakar akan  berbentuk melengkung. Hal ini dapat menyebabkan cakar tersangkut pada kawat sangkar, yang dapat mengakibatkan kuku tercabut atau bahkan lebih buruk.

Tujuan dari pemotongan kuku bukanlah untuk memotongnya sampai ke dasar. Sobat Exotic ingin memotong bagian tajam dari cakar sehingga tidak memiliki kemampuan menusuk, menjadi tumpul atau tidak setajam silet.

Info Pets Selanjutnya  Iguana - Perilaku dan Cara Perawatan

Memotong cakar iguana albino mungkin agak menghambat kemampuan memanjatnya. Beberapa breeder telah menemukan cara bahwa memodifikasi habitat adalah solusi ini. Sobat Exotic dapat memodifikasi aksesori pendakian iguana dengan memberikan cabang tambahan untuk meningkatkan daya cengkeraman.Tambahkan jalur di cabang untuk memberinya pijakan yang lebih baik.

Saat iguana berusia lebih muda, cakarnya akan tumbuh lebih cepat dan membutuhkan pemotongan yang lebih sering. Setelah iguana dewasa, pertumbuhannya akan melambat dan jumlah pemotongan yang diperlukan juga akan berkurang.

Iguana akan terbiasa dengan proses pemotongan setelah sobat Exotic melakukan hal ini beberapa kali. Berhati-hatilah agar tidak membahayakan hewan peliharaan. Sobat harus memegang kendali penuh dan iguana perlu merasakannya. Semakin muda usia iguana, semakin baik untuk memulai proses pemotongan kuku secara teratur.

Peralatan Yang Dibutuhkan

Gunting kuku reptil adalah alat yang direkomendasikan untuk melakukan kegiatan ini. sobat Exotic dapat menggunakan barang-barang lain seperti gunting atau gunting kuku kaki manusia, tetapi gunting kuku yang dirancang khusus untuk reptil bekerja dengan baik.

Pilih area di mana akan memotong cakar iguana dan menjadikannya area pemangkasan rutin. Area tersebut mungkin juga menjadi tempat untuk memberikan perawatan rutin dan pertolongan pertama lainnya. Sobat ingin iguana mengasosiasikan area ini dengan prosedur bermanfaat.

Berikan iguana hadiah sebelum melakukan proses pemotongan kuku dan berikan lagi setelah selesai. Bantalan pemanas  bisa digunakan untuk menenangkan iguana sebelum prosedur. Jika iguana rewel tentang prosedur pemangkasan, ini terjadi karena iguana albino tidak merasa aman dan santai.

Potong hanya satu cakar pada satu waktu dan lakukan pola rutin. Bergerak perlahan dan perhatikan seluruh area tubuh iguana agar tidak mencubit jari lain dalam prosesnya.

Info Pets Selanjutnya  Memelihara Ular, Berapa Suhu Kandang Yang Tepat?

Jika iguana menyentakkan jari atau kakinya ke belakang selama pemangkasan, jangan paksakan masalah dengan mencengkeram gunting dengan erat. Sebaliknya, lepaskan saja dan beri waktu kepada hewan peliharaan beberapa menit sebelum melanjutkan prosedur.

Yang terbaik adalah memotong sedikit cakar iguana. Sobat bisa memotong lebih banyak nanti. Setelah sering berlatih, sobat akan tahu persis berapa banyak yang harus dipangkas berdasarkan pengalaman.

Beberapa pemilik iguana albino suka merendam iguana sekitar setengah jam sebelum memotong kuku mereka, caraini diyakini mampu membuat kuku lebih lembut. Sobat mungkin mempertimbangkan untuk membiarkan dokter hewan langganan yang memotong kuku iguana beberapa kali pada awalnya, memungkinkan sobat untuk mengamati cara melakukan ini dengan benar.

Mulai awal dan sampai akhirnya menjadi lebih berpengalaman, sobat Exotic mungkin perlu meminta bantuan teman atau anggota keluarga untuk membantu dalam prosedur pemangkasan kuku. Beberapa pemilik iguana menggunakan handuk hangat untuk membungkus iguana dengan lembut, menarik hanya satu kaki atau tangan pada satu waktu, memangkas, lalu menggantinya  sampai pekerjaan selesai.

Saat sobat Exotic dan iguana peliharaan sama-sama menyesuaikan diri dengan prosedur ini, jauh lebih mudah daripada yang sobat pikirkan untuk mempertahankan cakar iguana. Miliki alat yang tepat untuk pekerjaan itu dan ketahui apa yang harus di lakukan sebelumnya. Sobat Exotic akan menjadi ahli pemangkas cakar dalam waktu singkat.

 

Top