Cara Jitu Budidaya Dan Merawat Ikan Black Widow Tetra

Ikan Black Widow Tetra (Gymnocorymbus ternetzi) adalah tetra berukuran sedang, berukuran sekitar 6 cm. Nama lain untuk ikan ini adalah: Black Tetra, Black Skirt Tetra dan Petticoat Fish. Beberapa orang menganggap Black Widow Tetra adalah ikan yang agresif tetapi ini bukan pengamatan Kami sendiri. Namun, kemungkinan perlu diperhatikan saat memilih ikan.  Black Widow Tetra merupakan ikan yang mudah dipelihara. Mereka mampu hidup selama delapan tahun.

Sahabat akuarium yang cocok mencakup hampir semua jenis ikan tetra. Ada keraguan tentang memelihara Black Widow Tetra berukuran besar bersama dengan Neon Tetra kecil tetapi semua jenis ikan tetra yang lebih besar seharusnya baik-baik saja. Sahabat lain yang cocok termasuk hampir semua ikan ukuran kecil dan sedang lainnya seperti platy, swordtail, Rasboras biasa, semua Danios dan White Cloud Mountain Minnows.

Mereka juga bisa dipelihara dengan ikan mas berukuran kecil dan sedang dan ikan air dingin kecil lainnya. Ikan ini, seperti kebanyakan tetra adalah ikan kawanan dan paling baik dipelihara dalam kelompok minimal delapan ekor. Jauh lebih mungkin untuk tetap hidup normal dalam kawanan daripada jika ikan tetra hidup sendirian.

Habitat Asli Ikan Black Widow Tetra

Black Widow Tetra berasal dari sungai Amerika Selatan termasuk Rio Guapore, di Bolivia dan Rio Paraguay di Paraguay. Ini adalah ikan tropis, tetapi jangkauannya meluas ke luar daerah tropis. Ikan ini dapat diaklimatisasi ke air yang sedikit lebih dingin daripada kebanyakan jenis ikan tetra. Di Indonesia, ikan Black Widow Tetra dapat dipelihara di akuarium dalam ruangan tanpa pemanas selama ruangan tidak terlalu dingin.

Kondisi air di habitat alami Black Widow Tetra lunak dan asam dan ini adalah air yang ideal untuk ikan. Namun, mereka akan beradaptasi dengan air yang lebih keras dan kondisi yang lebih basa. Kami menyarankan Akuarium komunitas campuran termasuk tetra ini pada pH 7 (Netral).

Info Pets Selanjutnya  Tips Membuat Kolam Koi

Makanan

Ikan Black Widow Tetra adala ikan omnivora dan akan dengan senang hati memakan pelet ikan biasa, baik serpihan atau butiran. Mereka menikmati makanan hidup seperti daphnia dan larva dan mendapat manfaat dari penambahan pola makan seperti cacing darah beku.

Tidak mudah membedakan jenis kelamin ikan ini, tetapi jantan cenderung lebih kecil dari betina. Betina biasanya akan memiliki tubuh yang lebih bulat daripada jantan. Jantan sering memiliki sirip dubur yang lebih lebar dan sirip punggung yang lebih sempit dan runcing. Mereka adalah penebar telur.

Mereka cenderung bertelur di antara tanaman berdaun halus. Mereka cukup mudah berkembang biak. Burayak bisa diberi makan makanan pelet kering atau cair. Kami telah mengetahui contoh di mana beberapa burayak bertahan hidup di akuarium kawanan besar yang penuh tanaman dan tidak terlalu ramai. Seperti halnya jenis ikan apa pun, mereka mendapat manfaat besar dari pemberian makanan hidup berukuran sesuai.

Harga Ikan Black Widow Tetra

Exotic Market Indonesia tidak dapat menemukan informasi yang pasti tentang harga Ikan Black Widow Tetra. Ikan Black Widow Tetra adalah salah satu jenis ikan hias yang jarang ditemukan di pasaran. Beberapa toko ikan hias mungkin menjual Ikan Black Widow Tetra dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan hias yang lain. Namun, harga bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan.

Sebagian besar harga ikan hias sangat tergantung pada tempat dan toko yang Anda beli, sehingga harga yang saya berikan mungkin tidak sesuai dengan harga yang di pasaran. Sebaiknya Anda melakukan riset dan mencari sumber yang terpercaya sebelum membeli Ikan Black Widow Tetra.

Info Pets Selanjutnya  Perawatan Dan Budidaya Ikan Blind Cave Tetra

Budidaya Ikan Black Widow Tetra

Budidaya Black Widow Tetra tidak terlalu sulit. Namun memang membutuhkan sedikit kerja keras. Ikan ini sama sekali tidak peduli dengan telurnya atau burayak. Jadi, Sobat Exotic harus membiakkannya di Akuarium terpisah untuk mencegah indukan memakan telur.

Ikan Black Widow Tetra

Sobat Exotic dapat menyiapkan Akuarium Budidaya berukuran 100 Liter yang terpisah. Gunakan parameter air yang sama dan berikan beberapa tanaman ke dalam akuarium. Kami merekomendasikan menggunakan pel pemijahan, rumput buatan atau jaring.

Asesoris ini dapat digunakan untuk menyembunyikan telur dan memberikan pemisahan setelah proses pembiakan. Tujuannya adalah untuk mempersulit ikan dewasa memakan telur.

Saat Sobat Exotic siap, pisahkan pasangan yang akan dikawinkan dan tempatkan di Akuarium budidaya. Beri makan ikan hidup yang kaya protein sampai Sobat Exotic melihat tubuh ikan betina mulai membengkak berisi telur.

Pada titik ini, ikan jantan mungkin mulai mengejar betina. Awasi kedua ikan tersebut dan pastikan jantannya tidak terlalu agresif. Jika dia menyebabkan kerusakan, pisahkan ikan untuk sementara waktu.

Jika berhasil, betina akan mulai bertelur hingga 2.000 butir telur di seluruh akuarium. Black Widow Tetra akan menyebarkan telurnya ke seluruh akuarium alih-alih memilih satu tempat. Telur kemudian akan tenggelam ke dasar. Itulah mengapa ada baiknya memiliki semacam jaring rumput atau jala. Telur akan jatuh ke dasar di mana mereka akan disembunyikan dari  indukan saat mereka terus berkembang biak.

Pisahkan Indukan

Setelah selesai, kembalikan ikan dewasa ke Akuarium utama. Telur akan menetas dalam waktu 24 sampai 36 jam. Burayak ikan akan memakan kantung telur saat pertama kali muncul. Beberapa hari kemudian, Sobat Exotic bisa memberikan makanan pelet bubuk atau infusoria.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Ikan Badut

Dalam beberapa minggu, Burayak akan cukup besar untuk mengkonsumsi udang air asin. Pisahkan burayak hingga cukup besar agar tidak dikonsumsi oleh ikan lain.