Cara Gampang Merawat Kadal Berber Skink

Berber Skink atau juga dikenal sebagai Eumeces schneiderii/Schneider’s skink berasal dari sisi barat laut Afrika dan bagian timur-barat Asia. Mereka dapat ditemukan di berbagai lingkungan, terutama di padang rumput kering dan sabana, serta habitat semi-gurun.

Selama jam-jam terpanas pada siang hari, kadal Berber bersembunyi di dalam liang untuk menjaga diri dan terlindung dari panas berlebih.

Telinga mereka ditutupi dengan sisik khusus yang mencegah kotoran masuk saat mereka menggali. Kadal ini muncul untuk beraktifitas selama jam-jam dingin, yaitu di pagi dan sore hari.

Kadal Berber skink biasanya mampu hidup selama 8 sampai 15 tahun. Saat ini, banyak sobat Exotic memelihara kadal Berber sebagai hewan peliharaan.

Penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang standar hidup dan kebutuhan makhluk itu sebelum menjadikan mereka sebagai hewan peliharaan.

Berber skink adalah kadal

Karena itu, mereka memiliki pola makan seperti kadal pemakan serangga lainnya.

Mereka mengkonsumsi berbagai jenis serangga seperti jangkrik, ulat makan dan cacing lilin. Cacing dan jangkrik dapat dibeli pada toko hewan peliharaan terdekat dan pemilik kadal Berber dapat dengan mudah mendapatkannya.

Namun, jenis makanan ini tidak memiliki nilai gizi yang tinggi, jadi sobat Exotic harus memberikan beberapa macam buah, sayuran dan sereal untuk menambah nilai gizi pada makanan mereka.

Meskipun kadal Berber hidup di dalam liang, tidak praktis untuk membuat liang dihalaman rumah. Karena itu, pemilik kadal peliharaan  harus membuat kotak khusus untuk memelihara mereka.

berber skink kandang kadal

Peti kayu atau chipboard dengan pintu kaca geser mungkin merupakan pengaturan yang cocok.

Peti mudah dibersihkan dan memberikan perlindungan untuk berber skink. 4 sampai 5 ekor kadal Berber dapat ditempatkan bersama dalam kotak berukuran 30x18x18 inci.

Info Pets Selanjutnya  Salamander Axolotl Tidak Mau Makan? Segera Lakukan Hal Ini!

Penting juga untuk menjaga kebersihan tempat persembunyian. Peti kayu kadang-kadang akan diisi dengan serangga mati dan sayuran yang tidak dimakan.

Karena itu, disarankan untuk membersihkan kotak setidaknya seminggu tiga kali.

Reptil ini tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol suhu tubuhnya sendiri.

Untuk alasan ini, sangat penting untuk menggunakan pemanas keramik, pemanas tabung dan lampu reflektor untuk memberikan panas yang optimal.

Panas didalam kandang juga harus dipantau secara teratur untuk memastikannya pada tingkat yang benar. Biasanya suhu sekitar 25 derajat Celcius di siang hari dan 21 derajat Celcius di malam hari.

Sebelum membeli kadal peliharaan

Calon pemilik harus mendapatkan pengetahuan nyata tentang kebutuhan kesehatan mereka dan tanda-tanda penyakit.

Kadal Berber yang sehat akan berkilau dan memiliki mata yang bersih dan terbuka. Kadal harus menunjukkan nafsu makan yang sehat.

Pastikan berber skink  makan dengan melihat ke dalam mangkuk makanan.

Sangat penting untuk membiasakan diri dengan penampilan kadal Berber untuk mengidentifikasi penyakit dengan cepat.

Mereka mungkin tidak selalu menunjukkan tanda-tanda penyakit yang jelas sampai mereka sakit parah.

Jika sobat Exotic melihat suatu tanda penyakit, segera bawa reptil  peliharaan ke dokter hewan terdekat sesegera mungkin.

Tidak perlu menunggu karena makhluk eksotis ini bisa mati dengan cepat jika suatu penyakit tidak segera diobati atau diabaikan.

Harga Kadal berber Skink

Harga kadal Berber skink bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, ukuran, dan kondisi kesehatan. Rata-rata, harga kadal Berber skink di pasaran berkisar antara Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000. Namun, harga yang lebih tinggi dapat dikenakan untuk kadal yang lebih besar atau yang memiliki kondisi kesehatan yang baik. Harga yang lebih rendah dapat dikenakan untuk kadal yang lebih muda atau yang memiliki masalah kesehatan.

Info Pets Selanjutnya  Perilaku Ular di Sekitar Manusia

Kesimpulan:

Merawat kadal Berber skink memerlukan lingkungan yang sesuai dan perawatan yang tepat untuk memastikan kesehatan dan keselamatan hewan peliharaan Sobat Exotic. Berikut adalah beberapa saran untuk merawat kadal Berber skink:

  1. Suhu: Kadal Berber skink memerlukan suhu yang cukup tinggi selama sebagian besar waktu, dengan area yang lebih dingin untuk beristirahat malam hari.
  2. Pencahayaan: Kadal Berber skink memerlukan cahaya matahari langsung atau cahaya UVB yang kuat untuk membantu mereka mengambil nutrisi dari makanan mereka.
  3. Makanan: Kadal Berber skink memerlukan diet yang seimbang yang terdiri dari protein hewani, seperti ikan, jangkrik, atau daging lembu, dan sayuran, seperti bayam atau kangkung.
  4. Air minum: Kadal Berber skink harus memiliki air minum yang selalu tersedia untuk mereka.
  5. Tempat tidur: Kadal Berber skink harus memiliki tempat tidur yang cukup besar yang terbuat dari material yang tidak menyebabkan iritasi, seperti pasir atau tanah.
  6. Kesehatan: Kadal Berber skink harus diperiksa oleh dokter hewan yang berpengalaman secara teratur untuk memastikan kesehatannya.