Cara Budidaya Ikan Serpae Tetra

Serpae Tetra, Hyphessobrycon eques atau,Hyphessobrycon serpae adalah ikan kecil yang sangat menarik. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan, dari Sungai Amazon, Guaporé dan Paraguay. Mereka juga disebut sebagai Hyphessobrycon callistus. Nama umum lainnya adalah Blood Characin” Blood Tetra, Jewel Tetra, Red Minor Tetra, dan Red Serpae.

Serpae Tetra mampu tumbuh dengan panjang sekitar 4 cm. Mereka dapat hidup hingga usia 8 tahun.

Berikan Tanaman Hidup di Seluruh Akuarium

Tumbuhan sangat penting bagi ikan Serpae Tetra. Mereka tidak hanya sering memakan tanaman tetapi juga menyediakan tempat berteduh. Di alam liar, ikan ini biasanya terlihat berkumpul di sekitar akar pohon.

Ikan Serpae Tetra

Mereka akan melakukan hal yang sama di Akuarium Sobat Exotic. Tanaman seperti Java Moss dan Myriophyllum adalah pilihan yang baik. Tanaman itu menawarkan perlindungan yang bagus sambil tetap membiarkan ikan bergerak melalui dedaunan.

Atur tanaman ini dalam kelompok padat di sekitar tepi Akuarium. Sobat Exotic tidak ingin mengisi bagian tengah akuarium dengan terlalu banyak tanaman.

Ini karena Serpae Tetra membutuhkan ruang untuk berenang. Mengisi Akuarium dengan terlalu banyak tanaman dapat mempersulitnya.

Padu padankan tanaman dengan bentuk dekorasi alami lainnya. Hal-hal seperti kayu apung dan formasi batuan adalah barang bagus yang menyediakan tempat berlindung.

Pindah ke peralatan akuarium, Serpae Tetra tidak memiliki banyak persyaratan ketat dalam hal penyaringan. Sistem penyaringan air tabung standar atau unit gantung sudah cukup. Selama siklus Akuarium efektif, itu akan baik-baik saja.

Satu-satunya hal yang harus diwaspadai adalah kekuatan tabung balik. Serpae Tetra lebih menyukai arus air yang bergerak lambat, jadi pastikan arus tidak terlalu kuat. Jika berada di sisi yang lebih kuat, Sobat Exotic dapat menempatkan tanaman atau barang dekoratif di depan tabung untuk memecah aliran.

Info Pets Selanjutnya  Tips Jitu Cara Budidaya Ikan Koi

Kondisi Air Akuarium

Serpae Tetra adalah ikan tropis dan tidak cocok untuk akuarium yang tidak dipanaskan kecuali dipelihara pada tempat yang tidak dingin.

Di alam liar, Serpae tetra hidup di air asam lunak, tetapi mampu menyesuaikan diri dengan kondisi akuarium kawanan dengan suhu 24 derajat C dengan pH netral dan kekerasan air sedang.

Makanan Ikan Serpae Tetra

Seperti kebanyakan Tetra, Serpae Tetra adalah omnivora yang mudah diberi makan. Mereka akan memakan makanan akuarium normal, kami sarankan agar diberi makan berbagai makanan dalam bentuk yang berbeda, termasuk serpih, pelet, makanan beku seperti Cacing Darah dan makanan hidup seperti penggerutu atau daphnia jika tersedia. Mereka bukan ikan besar dan tidak membutuhkan makanan dalam jumlah besar, jadi makanan ikan berkualitas tinggi layak untuk diberikan.

Teman Akuarium

Serpae Tetra memiliki reputasi sebagai pemakan sirip minor. Kecenderungan kecil ini dapat dikurangi dengan memelihara mereka sebagai kawanan setidaknya delapan ekor dan dalam akuarium berukuran 60 cm. Dalam kondisi ini mereka tidak akan menimbulkan masalah bagi kebanyakan ikan lain tapi Kami tidak akan memelihara mereka dengan ikan bersirip panjang dan bergerak lambat seperti Siamese Fighting Fish, Guppies atau Endlers Guppies.

Beberapa Sahabat yang cocok untuk Serpae Tetra adalah Colombian Tetra, Paraguay Tetra, Pristella Tetra, Buenos Aires Tetra, Rummy Nose Tetra, Harlequin Rasboras, Scissortail Rasboras, Lemon Tetra, Black Widow Tetra, Emperor Tetra, Head and Tail Light Tetra, Glass Bloodfin Tetra , Zebra Danios, Glow Light Tetra, White Cloud Mountain Minnows, Tiger Barbs, Cherry Barbs, Rosy Barbs Gold Barbs, dan Corydoras Catfish.

Hindari ikan besar yang agresif atau predator hidup dengan Serpae Tetra. Seperti hewan pada umumnya, usahakan untuk menjaga beberapa kesamaan ukuran ikan yang dipelihara bersama.

Info Pets Selanjutnya  Mudah Merawat Ikan Rummy Nose Tetra

Membedakan Jenis Kelamin

Tidak mudah menentukan jenis kelamin Serpae Tetra, namun saat dalam kondisi kawin, betina akan lebih bulat.

Harga ikan Serpae Tetra

Harga ikan Serpae Tetra bervariasi tergantung pada jumlah, umur, dan kondisi ikan. Namun, rata-rata harga ikan Serpae Tetra berkisar antara Rp.15.000 – Rp.40.000 per ekor. Harga ini dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi dan sumber yang digunakan. Jika Sobat Exotic ingin membeli ikan Serpae Tetra dalam jumlah besar, harga dapat lebih rendah dibandingkan jika membeli satuan. Selain itu, biaya tambahan seperti peralatan, makanan, dan perawatan kesehatan juga harus dipertimbangkan. Sangat disarankan untuk melakukan riset dan mencari sumber yang terpercaya sebelum membeli ikan Serpae Tetra.

Cara Budidaya Ikan Serpae Tetra

Serpae Tetra dianggap sebagai salah satu Tetra yang lebih mudah berkembang biak. Ikan harus dikondisikan terlebih dahulu dengan makanan kaya nutrisi, sebaiknya termasuk makanan hidup.

Akuarium Pembibitan harus memiliki beberapa tanaman termasuk tanaman dengan daun halus. Airnya harus lunak dan sedikit asam.

Buat Akuarium budidaya yang terpisah yang didekorasi serupa dengan Akuarium utama. Masukkan banyak tanaman dan pertimbangkan untuk menggunakan pel pembibitan. Serpae Tetra adalah ikan petelur yang akan menyebarkan telurnya ke seluruh area dasar akuarium.

Vegetasi yang lebat dan jaring pembibitan akan menangkap telur dan menjaganya tetap terlindungi. Sedangkan untuk kondisi air, Sobat Exotic dapat menyimpan benda-benda di sisi yang lebih lembut. Keseimbangan pH harus sekitar 6,0. Perairan yang lebih hangat hingga 24 derajat dapat digunakan untuk memicu proses pembiakan.

Sebelum Sobat Exotic memindahkan kelompok Serpae Tetra dewasa ke dalam Akuarium budidaya, beri mereka pakan kaya protein.

Makanan hidup dan beku akan membantu mempercepat proses pemijahan. Setelah betina Sobat Exotic menjadi gemuk, Sobat Exotic akan tahu sudah waktunya untuk mulai berkembang biak.

Info Pets Selanjutnya  Tips Memilih Ikan Koi Jepang Untuk Dibeli

Jantan Mengejar Betina

Jantan akan mengejar betina, menyebabkan betina menyebarkan telur ke seluruh dasar akuarium. Pejantan kemudian akan membuahi telur-telur itu. Ratusan telur bisa dikeluarkan sekaligus.

Induknya akan memakan telur dan bayinya, jadi biasanya indukan dikeluarkan setelah pemijahan. Telur akan menetas dalam 24-28 jam. Benih dapat diberi infusoria (protozoa), makanan benih komersial halus dan kuning telur rebus yang dilarutkan dalam air. Makanan hidup akan mendorong pertumbuhan bayi di semua tahap.

Ekologi

Jangan biarkan hewan peliharaan Sobat Exotic masuk ke lingkungan yang bukan di negara asalnya.