ikan hias

Cara Budidaya Ikan Pristella Tetra

Pristella Tetra, Pristella maxillaries, juga disebut sebagai X-Ray Tetra, Water Goldfinch dan X-Ray Fish. Selain bentuk normalnya yang indah, ikan ini juga memiliki bentuk albino yang terkadang disebut Gold Pristella Tetra. Ikan ini berasal dari Amazon, Orinoco dan drainase sungai pesisir Guyana. Mampu tumbuh sekitar 5 cm. Mereka adalah ikan yang kuat dan cocok untuk penghobi pemula.

Keluarga: Characidae

Spesies: Pristella maxillaris

Ukuran: 3 cm

Makanan: Onivora

Level Akuarist: Semua

Habitat: Perairan pedalaman Venezuela, Guyana, dan Amazon Brasil

Ikan tetra ini adalah favorit akuarium dekoratif yang mampu hidup lama. Karena permintaan pasar ikan peliharaan yang tinggi, sebagian besar spesimen ikan tetra ini sekarang dibiakkan secara komersial daripada ditangkap dari alam liar.

Bentuk tubuh Ikan Pristella Tetra mengikuti pola tetra tradisional, dengan kelengkungan yang sama pada permukaan punggung dan perut. Ciri pembeda utama ikan ini adalah kurangnya warna dan tubuh yang tembus pandang. Organ dalam di kantung peraknya terlihat. Jika pernah ada spesies ikan yang tampak aneh, ikan ini pasti salah satunya. Tetap saja, spesies ikan yang sangat bagus untuk pengaturan ikan kawanan.

Harga

Harga ikan Pristella Tetra bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan tersebut. Pristella Tetra adalah jenis ikan yang dikenal dengan nama ikan X-Ray atau ikan tetra jangkrik, yang merupakan ikan yang populer di dunia akuarium. Harga rata-rata untuk ikan Pristella Tetra berkisar antara Rp.50.000 hingga Rp.100.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitas ikan. Namun, harga dapat lebih tinggi jika ikan tersebut adalah spesimen yang sangat langka atau memiliki warna yang sangat indah. Harga juga dapat berbeda berdasarkan tempat dan waktu pembelian.

Kondisi Air Akuarium

Pristella Tetra adalah ikan tropis air tawar. 24 derajat C cocok. Ini tidak rewel seperti beberapa jenis ikan tetra dalam persyaratan pH dan kekerasannya. PH antara 6 dan 8 cocok. Kami menyarankan 7 untuk Akuarium campuran dengan spesies ini. Meskipun air di sebagian besar habitat aslinya lunak, hal ini tidak begitu penting.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Dan Budidaya Ikan Splashing Tetra

Ikan tampak kurang stres dengan adanya beberapa tanaman penutup di akuarium.

Makanan Ikan Pristella Tetra

Pristella Tetra adalah ikan omnivora dan mudah diberi makan, mudah memakan makanan pelet ikan tropis biasa. Seperti kebanyakan ikan, ia menyukai makanan hidup seperti jentik nyamuk dan Daphnia. Ia juga menyukai cacing darah beku. Ini akan memakan beberapa tanaman hidup meskipun biasanya tidak seburuk beberapa ikan.

Kawanan Akuarium

Pristella Tetra adalah ikan kawanan, dan Kami menyarankan agar setidaknya 8 ekor dipelihara bersama. Mereka damai dan dapat dipelihara dengan berbagai macam ikan berukuran serupa. Hindari memelihara Pristella Tetra bersama ikan besar.

Beberapa pendamping yang cocok adalah Swordtails, Rummy Nose Tetra, Harlequin Rasboras, Lemon Tetra, Neon Tetra, Flame Tetra, Buenos Aries Tetra, Black Widow Tetra, Cardinal Tetra, Emperor Tetra, Head and Tail Light Tetra, Glass Bloodfin Tetra, Glowlight Tetra, Guppies , Endlers Guppies, Peppered Catfish, Ikan Cupang, White Cloud Mountain Minnows dan Zebra Danios. Tidak semua teman yang disarankan ini kompatibel satu sama lain.

Cara Budidaya Pristella Tetra

Pristella Tetra adalah spesies penghambur telur yang tidak memberikan pengasuhan dan akan memakan telur dan bayinya sendiri. Indukan harus dikeluarkan dari Akuarium budidaya setelah pemijahan. Telur harus menetas dalam waktu 24 jam.

Bayi-bayi itu kecil dan membutuhkan makanan mikroskopis pada awalnya. Makanan burayak biasa dapat digunakan, tetapi bayi mendapat manfaat dari makanan hidup dengan ukuran yang sesuai pada semua tahap pertumbuhan.

Cara Budidaya Ikan Pristella Tetra

Ikan ini berasal dari spesies ikan keluarga “Ikan Tropis”. Kami harap Sobat Exotic menikmati profil ikan ini yang kami kumpulkan untuk membantu orang memilih ikan yang tepat untuk pengaturan Akuarium yang tepat yang mungkin Sobat Exotic miliki, atau berpikir untuk dibeli di masa mendatang. Jika Sobat Exotic memerlukan informasi lebih lanjut tentang memelihara ikan secara umum dan ikan apa yang tepat untuk dipilih untuk pengaturan Akuarium Sobat Exotic, Sobat Exotic selalu dapat mengunjungi situs kami dan melihat informasi perawatan ikan tetra terbaru.

Info Pets Selanjutnya  Jual Beli Ikan:  Koi, Cupang, Arwana, Ikan Predator,Ikan Koki, Louhan, Discus, Guppy

Tips Perawatan dan Pemijahan Tetra X-Ray

X-ray tetra atau Pristella maxillaries adalah ikan bertubuh lebar yang populer di kalangan pemilik akuarium karena tubuhnya yang tembus cahaya. Sinar-X memiliki kilau warna-warni di bawah pencahayaan akuarium. Mereka adalah jenis ikan yang lebih kecil yang panjangnya hanya mencapai 3 cm. Jantan cenderung lebih ramping daripada betina.

Karena ini adalah artikel terakhir tentang Tetra, kami akan mengulasnya sebagai sebuah keluarga. Tetra adalah anggota keluarga Characidae lebih dikenal sebagai characids. Mereka endemik di Amerika. Mereka menghuni sungai air tawar Texas barat daya melalui Tengah sampai ke Amerika Selatan. Banyak yang berasal dari Sungai Amazon. Characids memiliki masa hidup sekitar lima tahun.

Tetra adalah ikan yang damai dan kuat. Mereka membuat pilihan yang baik untuk aquarists pemula. Hindari mencampurkan spesies bersirip besar seperti angelfish, cupang dan guppy dengan tetra.

Tetra sangat sosial. Mereka termasuk sebagai Shoaling fish yang berfungsi paling baik dalam kelompok. Mereka dapat bertahan hidup di akuarium tanpa anggota lain dari spesies mereka, tetapi cara ini tidak dianjurkan. Sobat Exotic setidaknya memelihara delapan ekor tetra.

Tetra memiliki beberapa varietas. Beberapa bertubuh ramping seperti neon dan cardinal. Yang lain memiliki tubuh yang lebar.  Bahkan ada spesies yang biasa disebut sebagai cave tetra. Ikan ini telah lama tinggal di lingkungan yang kurang cahaya sehingga mereka buta. Tetra telah dibiakkan secara selektif oleh industri perdagangan ikan akuarium. Golden neon tetra adalah hasil yang sangat populer dari pembiakan selektif ini.

Tetra tumbuh subur di air yang lembut dan sedikit asam yang umum di sungai-sungai di Amerika Selatan. Tingkat pH yang ideal adalah sekitar 6,8. Mereka lebih menyukai suhu air antara 24°C tetapi akan dengan mudah mentolerir suhu dari 26 °C.

Tetra adalah omnivora. Mereka dapat diberi makan makanan yang seluruhnya terdiri dari serpihan pelet ikan tropis varietas umum. Tetapi makanan tinggi protein akan membantu mereka mempertahankan kekuatan dan warna tubuh. Pakan tinggi protein juga akan membantu memulai siklus pemijahan mereka.

Info Pets Selanjutnya  Cara Memelihara Dan Budidaya Ikan Buenos Aires Tetra

Membiakkan Tetra

Tetra adalah spesies yang produktif. Tidak jarang populasi mereka berlipat ganda hanya dalam waktu satu tahun di alam liar. Ikan tetra agak mudah berkembang biak di peternakan.

Tetra dapat diinduksi untuk bertelur jika diberikan lingkungan yang sesuai. Mereka akan membutuhkan air lunak, air yang sedikit asam. Kelembutan air dapat dicapai dengan mengisi Akuarium penangkaran dengan botol air yang disaring dengan osmosis terbalik. Keasaman air harus sekitar pH 6,5. Tingkat pH dapat diubah secara kimiawi. Solusi alami adalah menyaring air melalui gambut. Atau Sobat Exotic bisa menambahkan lapisan tipis ke substrat Akuarium penangkaran. Gambut melepaskan asam humat ke dalam air yang meningkatkan tingkat keasaman. Pastikan gambut tidak mengandung pupuk atau bahan tambahan kimia.

Pencahayaan redup sangat penting karena dua alasan. Tetra kurang cenderung bertelur di bawah pencahayaan terang. Telur tetra rentan terhadap pertumbuhan jamur. Pencahayaan yang intens mendorong pertumbuhan jamur.

Tetra adalah petelur yang menyebarkan telurnya. Characids tidak menunjukkan naluri indukan yang ditemukan pada ikan seperti cichlids. Cichlid akan menjaga telurnya sedangkan tetra akan memakannya. Trik yang bagus untuk memastikan tingkat kelangsungan hidup maksimum adalah dengan menambahkan lapisan kelereng ke dasar akuarium. Telur mereka tenggelam. Telur akan menyelinap di antara kelereng dan jauh dari jangkauan indukan. Tetra dewasa harus dikeluarkan dari Akuarium budidaya segera setelah proses pemijahan.

Waktu penetasan biasanya 24 jam. Burayak akan berenang bebas dalam 2-3 hari. Benih bisa diberi makan udang air asin yang baru menetas atau makanan burayak cair yang diformulasikan.