Cara Budidaya Ikan Diamond Tetra

Ikan Diamond Tetra, yang lebih dikenal oleh pecinta akuarium sebagai Moenkhausia pittieri, adalah anggota keluarga Characidae dan awalnya ditemukan hidup di Danau Valencia Venezuela dan beberapa sungai Venezuela tertentu. Spesies ikan jantan dapat tumbuh antara dua hingga 20 Cm tetapi betina biasanya lebih kecil.

Meskipun bukan ikan berwarna cerah, Diamond Tetra berwarna perak dengan highlight berwarna kehijauan, dan menonjol karena sisik reflektifnya yang indah. Pada Baby Diamond Tetras, efek kilau sisiknya belum berkembang, tetapi akan terlihat jelas seiring bertambahnya usia.

Harga ikan Diamond Tetra

Harga ikan Diamond Tetra bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan. Namun, harga rata-rata untuk ikan Diamond Tetra berkisar antara Rp.10.000 0 Rp.40.000 per ekor. Beberapa jenis ikan Diamond Tetra yang lebih langka atau unik dapat mencapai harga yang lebih tinggi. Selain itu, biaya tambahan seperti peralatan, makanan, dan perawatan kesehatan juga harus dipertimbangkan.

Ikan Diamond Tetra adalah ikan yang sangat populer di kalangan hobbyis akuarium. Ikan ini terkenal karena warna-warnanya yang menarik dan karakternya yang ramah. Ikan Diamond Tetra cocok untuk dijadikan ikan hias di akuarium air tawar. Ikan ini dapat hidup dengan baik dalam akuarium yang cukup besar dan diperlukan peralatan yang cukup lengkap seperti filter, heater, dll.

Sangat disarankan untuk melakukan riset dan mencari sumber yang terpercaya sebelum membeli ikan Diamond Tetra. Jangan lupa memastikan kondisi ikan serta perawatan yang dibutuhkan, agar ikan dapat hidup dengan baik dalam akuarium.

Setelan Akuarium

Untuk setelan akuarium, Moenkhausia pittieri harus selalu menjadi bagian dari kelompok berisikan minimal enam ekor ikan. Ini harus mencakup ikan lain dari spesies mereka sendiri, dan ikan dari spesies lain harus berukuran sama. Di kelompok ini, satu jantan akan selalu menjadi yang dominan.

Pejantan ini mentolerir yang lain, tetapi selalu memegang kendali. DIkan amond Tetra memiliki kisaran pH ideal 6,6 hingga 7,0 dan preferensi suhu 26-28 derajat Celcius dan jika disimpan di luar kisaran ini, mungkin akan terlihat berbeda. Juga, ikan ini suka memiliki banyak tanaman di dalamakuarium mereka dan untungnya tidak terlalu pilih-pilih waktu makan.

Moenkhaussia pittieri akan menyukai Sobat Exotic karena memberikan makanan hidup, tetapi bisa memakan apa saja mulai dari serpihan hingga makanan beku. Setelah mempelajari sedikit tentang ikan Diamond Tetra dan persyaratan dasarnya, langkah-langkah untuk membiakkannya sekarang dapat dimulai.

Budidaya Ikan Diamond Tetra

Proses yang paling sulit dalam membiakkan ikan Diamond Tetra adalah mendapatkan pasangan yang tepat. Jantan dewasa memiliki sirip yang lebih panjang daripada betina, terutama pada sirip punggung. Meskipun betina kemungkinan besar akan berukuran lebih kecil dari jantan, betina yang siap untuk berkembang biak sering kali tampak lebih kekar.

Diamond Tetra

Setelah pemilihan sepasang Diamond Tetra selesai, mereka harus dipisahkan dan dikondisikan dengan makanan yang baik. Selama fase pengkondisian, mereka harus diberi makanan hidup pilihan mereka dan juga beberapa makanan beku. Ini akan berlangsung sekitar 10 hari.

Saat pengondisian berlangsung, Akuarium pemijahan terpisah harus disiapkan. Tidak harus Akuarium yang sangat besar, tetapi perlu memasukkan banyak tanaman, terutama yang berdaun lebat. Kondisi dalam Akuarium ini harus serupa dengan Akuarium tempat tinggal Diamond Tetra lainnya, meskipun pada awalnya tidak boleh ada cahaya di dalam Akuarium pemijahan. Air lunak harus selalu digunakan di atas air sadah.

Info Pets Selanjutnya  Daftar Hewan Peliharaan ( Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing ) Yang Menyenangkan Dipelihara di Rumah

Kerikil tidak diperlukan, tetapi beberapa jaring harus dimasukkan ke bagian bawah Akuarium. Itu harus cukup jauh ke bawah untuk memberikan ruang yang cukup bagi pasangan pembiakan untuk berenang. Lubang di jaring juga harus cukup besar agar telur bisa jatuh ke dasar Akuarium. Akuarium pemijahan juga harus ditempatkan di tempat yang tenang di rumah di mana tidak ada gangguan pada ikan.

Setelah waktu yang ditentukan untuk pengondisian habis, pasangan yang dipilih harus ditempatkan di Akuarium pemijahan pada malam hari saat hari gelap, dan sekali lagi, lampu tidak boleh digunakan di sekitar Akuarium. Jika pasangan Diamond Tetra cocok, pemijahan dapat dilakukan segera setelah ikan ditempatkan di Akuarium pemijahan atau mungkin tidak dilakukan sampai satu atau dua hari setelahnya.

Terkadang pencahayaan yang ada di lingkungan tempat Akuarium berada akan membantu mempercepat proses. Meskipun pejantan mungkin menghabiskan sebagian besar waktunya mengikuti betina, ketika tiba waktunya untuk pemijahan, betina akan melepaskan sel telur pada saat yang sama dengan pejantan melepaskan sperma. Telur kemudian harus dibuahi, dalam hal ini sangat membantu untuk memiliki air lunak di dalam Akuarium.

Gunakan Jaring

Jaring sangat penting di sini, karena Moenkhaussia pittieri cenderung memakan telurnya dan untuk mencegahnya, telur harus jatuh melalui jaring, memisahkan telur dari induknya. Setelah pemijahan terjadi, ikan jantan dan betina harus dikeluarkan dari Akuarium pemijahan dan dikembalikan ke akuarium biasa.

Meskipun telur dapat dipantau adanya pergerakan dalam waktu 36 jam, dibutuhkan waktu hingga seminggu sebelum bayi ikan dapat berenang di sekitar Akuarium pemijahannya. Benih akan sangat lapar, tetapi di akuarium dengan banyak tanaman, akan menemukan makanan untuk dimakan dalam beberapa hari pertama.

Setelah itu, makanan dapat diterima dan setelah cukup besar, makanan hidup dengan ukuran yang sesuai baik untuk mereka. Menjaga kebersihan Akuarium pemijahan saat benur berkembang sangat penting. Karena mereka tumbuh begitu cepat selama beberapa minggu pertama, bayi Diamond Tetra segera terlihat seperti ikan dewasa, meskipun lebih kecil.

Pewarnaan mereka akan polos pada awalnya, dengan sisik berkilauan yang menakjubkan berkembang sepenuhnya sekitar waktu ikan berumur 9 bulan. Setelah mereka mencapai ukuran yang tidak membahayakan mereka, mereka dapat dipindahkan ke Akuarium dewasa dan Akuarium pemijahan dapat digunakan kembali dengan sepasang ikan dewasa yang baru.

Jaga Kebersihan Akuarium

Membiakkan Diamond Tetra bisa menjadi tantangan, terutama karena mungkin diperlukan beberapa kali percobaan untuk menemukan pasangan ikan jantan dan betina yang cocok. Penting untuk menjaga kesehatan lingkungan Diamond Tetra dewasa agar tidak berdampak buruk terhadap kesejahteraan dan kemampuan mereka untuk bertelur di lain waktu.

Demikian juga, Akuarium pemijahan harus dijaga kebersihannya dan suhu, pH, dan kelembutannya harus diperiksa secara teratur. Waktu dan sumber daya yang cukup harus dihabiskan untuk bagian pengkondisian dari proses pemuliaan, karena ini sangat penting. Sediakan berbagai jenis makanan, termasuk makanan goreng, setiap saat, bahkan jika Sobat Exotic ragu pemijahan dapat terjadi.

Info Pets Selanjutnya  Tips Memilih Ikan Koi Jepang Untuk Dibeli

Dalam beberapa minggu atau bulan, Sobat Exotic akan melihat telur menetas dan dapat melihat burayak Sobat Exotic tumbuh dan  berkilauan yang indah yang terkenal dengan nama Diamond Tetra.

Info Tambahan Mengenai Diamond Tetra

Diamond Tetra, Moenkhausia pittieri, adalah ikan kecil yang damai dari Venezuela. Nama umum lainnya adalah Monk Tetra dan Moenk tetra. Itu berasal dari Danau Valencia dan sungai-sungai di sekitarnya. Mereka tidak terancam punah di alam liar.

Diamond Tetra tumbuh sekitar 7 cm dan akan hidup hingga 5 tahun.

Kondisi Air

Di alam liar, Diamond Tetra hidup di sungai dan danau yang bergerak lambat dengan banyak tumbuhan. Akuarium yang ditanam dengan baik akan membuat mereka lebih nyaman. Meskipun dapat mengambil kisaran pH yang sangat luas dengan aklimatisasi yang sangat lambat, 6-7 adalah kisaran idealnya, sehingga tidak ada masalah dengan Akuarium komunitas dengan pH netral (7). 24 derajat C adalah suhu yang cocok untuk menyetel termostat.

Air tempat tetra ini berasal lembut. Diamond Tetra dapat menyesuaikan diri dengan air sadah, tetapi ini harus dilakukan dengan sangat lambat. Kami tidak pernah mengalami masalah dengan ikan ini di air kami yang cukup keras.

Makanan

Makanan yang ideal untuk Tetra intan adalah larva akuatik dan krustasea kecil seperti Daphnia, tetapi ia akan memakan semua makanan ikan biasa. Seperti banyak ikan, mereka menyukai bloodworm beku.

Ikan Lain Yang Bisa Dipelihara Bersama Diamond Tetra

Diamond Tetra adalah ikan yang sangat berkelompok, dan kami menyarankan agar setidaknya memelihar 6 ekor secara bersama.

Sekelompok Diamond Tetras seharusnya cocok dengan berbagai macam ikan kecil, termasuk: Neon Tetras, Cardinal Tetras, Green Neon Tetras, White Cloud Mountain Minnows, Cherry Barbs, Penguin Tetras, PristellaTetras, Glowlight Tetras, Red EyeTetras, Silvertip Tetras, Gold Barbs, Rummy Nose Tetras, Scissortail Rasboras, Lemon Tetras, Emperor Tetras, Head and Tail Light Tetras, Glass Bloodfin Tetras, Swordtails, Platies, Molly, Zebra Danios, Black Widow Tetras, Rosy Barbs, Tiger Barbs, Paraguay Tetras, Buenos Aires Tetras dan Colombian Tetras Mereka mungkin juga akan baik-baik saja dengan Siamese Fighting Fish, Guppies dan Endlers Guppies.

Bagaimanapun, Sobat Exotic perlu mengamati ikan Sobat Exotic. Mereka tidak selalu bertindak seperti yang kita harapkan.

Hindari ikan besar, agresif  atau predator hidup bersama dengan Diamond Tetras.

Membedakan Jenis Kelamin Diamond Tetra

Diamond Tetra betina dalam kondisi berkembang biak akan lebih gemuk daripada pejantan. Jantan tampaknya memiliki sirip yang sedikit lebih panjang daripada betina.

Budidaya Di Akuarium

Sepasang Diamond Tetras akan bertelur di akuarium dengan area yang ditanami dengan baik termasuk tanaman berdaun halus yang menciptakan area yang teduh. Pasangan tersebut harus dikondisikan dengan baik sebelumnya dengan makanan kaya termasuk makanan hidup.

Airnya harus sangat lembut dan sedikit asam. Suhu 26 derajat C .

Ikan biasanya bertelur pada pagi hari. Mereka akan memakan telurnya dan biasanya dikeluarkan setelah pemijahan. Telur akan menetas dalam waktu sekitar 36 jam dan burayak biasanya berenang bebas dalam waktu sekitar 4 hari.

Info Pets Selanjutnya  Alasan Mengapa Tempat Jual Beli Hewan Eksotis Selalu Ramai Pelanggan

Bayi tumbuh dengan cepat. Mereka akan memakan makanan halus tetapi makanan hidup dengan ukuran yang sesuai akan membantu di semua tahap.

Pembiakan Kolam

Diamond Tetra adalah ikan tropis, beberapa peternak telah cukup sukses hanya dengan menempatkan sekumpulan kecil Diamond Tetras di kolam besar. Pertama pikirkan apakah iklim kota Sobat Exotic sebenarnya cukup hangat?

Ikan Hama

Jangan lepaskan atau biarkan ikan apa pun melarikan diri ke ekosistem yang bukan tempatnya.

Tetra Adalah Ikan Akuarium yang Populer

Tetra adalah ikan berukuran kecil atau sedang yang termasuk dalam keluarga Characin. Mereka berasal dari Amerika Selatan dan Tengah serta dari Afrika. Ada ratusan jenis tetra. Banyak dari ikan ini hampir sangat cantik. Sebagian besar Tetra Amerika Selatan berasal dari air lunak dan asam. Semua akan bertahan hidup pada suhu 24 derajat C.

Neon tetra

Saat orang mengatakan Tetra, terkadang yang mereka maksud adalah Neon Tetra, Paracheirodon innesi. Ini adalah salah satu ikan akuarium paling populer. Neon dan kerabat dekatnya, Cardinal, Paracheirodon axelrodi, dan Neon Hijau, Paracheirodon simulans, semuanya adalah ikan kecil, yang akan dimangsa oleh ikan yang lebih besar.

Mereka adalah ikan yang sangat cocok untuk akuarium komunitas ikan kecil dan damai termasuk kelompok tetra berikutnya.

Ikan lain yang merupakan teman yang cocok untuk Tetras of the Neon Group termasuk Guppies, Endlers Guppies, Platies dan spesies Danio yang lebih kecil. Spesimen yang lebih kecil dari banyak spesies lain juga merupakan teman yang cocok.

Ketiga spesies dari kelompok ini semuanya berasal dari air yang sangat lunak dan asam. Meskipun mereka dapat menyesuaikan diri dengan air Netral, hindari membiarkan air menjadi terlalu basa.

Tetra Adalah Ikan Yang Damai

Ada banyak jenis ikan damai dalam kelompok ini. Tetra dalam grup ini termasuk Black Phantom, The Black Neon, Diamond, Flame, Head and Tail Light, Glass Bloodfin, Glowlight, Lemon, Penguin, Pristella, Rosy, Rummy Nose, Silvertip dan Splashing.

Tetra Yang Lebih Besar atau Lebih Agresif

Tetra dalam kelompok ini dapat dipelihara satu sama lain dan dengan tetra dari kelompok sebelumnya, tetapi diperlukan kehati-hatian jika menempatkan mereka dengan tiga spesies dari kelompok Neon. Beberapa tetra yang sedikit lebih besar atau lebih agresif adalah: Black Widow, Blind Cave, Buenos Aires, Emperor, Paraguay, Red Eye, dan Serpae. Tetra ini juga merupakan pendamping yang cocok untuk Barb berukuran kecil hingga sedang seperti Tiger Barb, Gold Barb, dan Rosy Barb.

Seperti biasa, perhatikan ukuran ikan Sobat Exotic dan hindari menaruh ikan besar dengan ikan yang sangat kecil. Sebagai contoh, Tetra Paraguay hanya termasuk dalam kelompok tetra ketiga karena bisa sedikit agresif, tetapi mereka adalah ikan kecil.

Sobat Exotic tidak ingin menempatkan Tetra Paraguay kecil dengan Rosy Barb besar. Ini hanya gambaran singkat dari beberapa tetra yang lebih umum. Sebelum memelihara ikan atau hewan lain, Sobat Exotic harus mengetahui kebutuhannya.