Cara Budidaya Dan Perawatan Ikan Penguin Tetra

Penguin Tetra sebenarnya adalah dua spesies yang terkait, yaitu Thayeria boehlkei dan Thayeria obliqua. Perbedaan yang mudah dilihat antara spesies ini cukup tipis.. Kedua spesies ini memiliki kecenderungan untuk berenang dalam posisi ekor ke bawah tetapi hal ini lebih terlihat pada Thayeria obliqua. Thayeria obliqua memiliki garis hitam yang lebih pendek dari Thayeria boehlkei dan Thayeria obliqua tumbuh sedikit lebih besar meskipun keduanya adalah spesies ikan kecil.

Spesies yang paling sering dijual di toko ikan peliharaan adalah Thayeria boehlkei. Beberapa orang lebih suka menggunakan nama Penguin Tetra untuk Thayeria obliqua dan menyebut Thayeria boehlkei Tetra Penguin Palsu.

Ada beberapa nama umum lainnya untuk ikan ini, beberapa di antaranya, seperti Penguinfish, Penguin Fish, dll juga didasarkan pada kemiripannya dengan penguin, sementara yang lain seperti Short Striped Thayeria. Di Timbuktu, sering dijual sebagai Hockey Stick Tetra. Pastinya bentuk garis hitam yang menonjol itu mengingatkan pada bentuk tongkat hoki.

Thayeria boehlkei mampu tumbuh sekitar 4 cm, sementara Thayeria obliqua bisa sedikit lebih besar. Mereka berasal dari Sungai Amazon dan anak sungainya di Brasil dan Peru, lebih menyukai bentangan yang bergerak lambat dengan banyak tumbuhan.

Penguin Tetra dianggap sebagai spesies yang mudah dirawat yang tidak memerlukan akuarium besar atau sistem pengondisian air yang rumit. Penyiapan yang sama yang digunakan untuk sebagian besar spesies tetra akan berfungsi untuk Penguin Tetra. Intinya  adalah suhu dan kualitas air yang sangat mirip dengan lingkungan asli.

Kondisi air

Penguin Tetra adalah ikan tropis. 24 derajat C adalah suhu yang sesuai untuk menyetel termostat Sobat Exotic. Air yang biasa mereka gunakan di alam liar lunak dan asam, tetapi di peternakan mereka akan menyesuaikan diri dengan pH netral dan sedikit kekerasan air. Penguin Tetra hidup lebih baik di air bersih dan perlu diperhatikan kualitas airnya. Mereka sensitif terhadap Amonia, Nitrit dan konsentrasi Nitrat yang berlebihan.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Ikan Cupang Di Akuarium

Makanan Ikan Penguin Tetra

Seperti kebanyakan tetra, Penguin Tetra adalah omnivora yang mudah diberi makan. Mereka akan memakan semua makanan akuarium normal tetapi akan menikmati beberapa makanan hidup seperti jentik nyamuk dan Daphnia. Makanan beku, termasuk cacing darah beku juga sukai.

Harga Ikan Penguin Tetra

Ikan Penguin Tetra adalah salah satu jenis ikan hias yang populer di kalangan aquascaping. Harga ikan ini bervariasi tergantung pada jumlah, umur dan kondisi ikan. Namun, rata-rata harga ikan Penguin Tetra berkisar antara Rp.20.000 – Rp.25.000 per ekor. Harga ini dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi dan sumber yang digunakan. Jika Sobat Exotic ingin membeli ikan Penguin Tetra dalam jumlah besar, harga dapat lebih rendah dibandingkan jika Sobat Exotic membeli satuan. Selain itu, biaya tambahan seperti peralatan, makanan, dan perawatan kesehatan juga harus dipertimbangkan. Sangat disarankan untuk melakukan riset dan mencari sumber yang terpercaya sebelum membeli ikan Penguin Tetra.

Kawanan Akuarium

Penguin Tetra adalah ikan kawanan yang damai. Kami menyarankan minimal delapan dan sebaiknya lebih banyak dipelihara bersama. Mereka dapat dipelihara dengan ikan yang paling kecil dan damai, termasuk: Red Eye Tetra, Neon Tetra, Cardinal Tetra, Silvertip Tetra, Gold Barbs, Cherry Barbs, Pristella Tetra, Rummy Nose Tetra, Harlequin Rasboras, Scissortail Rasboras, Lemon Tetra, Emperor Tetra, Head and Tail Light Tetra, Glass Bloodfin Tetra, Swordtails, Platies, Mollies, Zebra Danios, Glowlight Tetra, White Cloud Mountain Minnows, Black Widow Tetra, Rosy Barbs, Tiger Barbs, Paraguay Tetra, Buenos Aires Tetra dan Colombian Tetra, serta serta lele Corydoras seperti Lele Merica.

Sekelompok Penguin Tetra biasanya bahkan dapat dipelihara dengan ikan bersirip panjang lambat seperti Siamese Fighting Fish, Guppies dan Endlers Guppies.

Info Pets Selanjutnya  Merawat Ikan Ekor Pedang

Membedakan Jenis Kelamin

Tidak banyak perbedaan antara kedua jenis kelamin Penguin Tetra, namun saat dalam kondisi kawin, betina memiliki perut yang lebih bulat.

Cara Budidaya Ikan Penguin Tetra

Thayeria boehlkei adalah Ikan Penguin Tetra yang kemungkinan besar tersedia di toko ikan peliharaan terdekat dan cukup mudah berkembang biak. Kami menyarankan ketinggian air diturunkan menjadi sekitar 25 cm, asam dan air yang sangat lunak dengan suhu sekitar 27 derajat C. Harus ada tanaman berdaun lebat dan lebar di dalam Akuarium budidaya.

Penguin Tetra merupakan ikan yang produktif dalam arti menghasilkan telur yang banyak. Betina dari ikan kecil ini dengan perut yang sangat bulat dapat menghasilkan telur sebanyak 5000 butir. Ini sangat sedikit. Pejantan menghasilkan sejumlah besar sperma untuk mencoba membuahi semua sel telur ini dan ini dapat menyebabkan pencemaran air. Penggantian air sebagian direkomendasikan untuk menjaga kualitas tinggi air yang dibutuhkan burayak. Penambahan fungisida akuarium dianjurkan untuk membantu melindungi telur dari jamur sejak dini. Telur akan menetas dalam waktu 12-18 jam. Burayak sangat kecil, dan membutuhkan protozoa (infusoria) pada awalnya.

Ikan Hama

Meskipun Penguin Tetra nampak indah saat dipelihara di akuarium, seperti semua hewan peliharaan lainnya, jangan biarkan mereka masuk ke ekosistem yang bukan tempat asalnya. Aquarist sering disalahkan untuk ini dan tidak ada keraguan bahwa ada kasus pelepasan ikan yang tidak disengaja atau disengaja oleh aquarist.