Cara Budidaya Dan Perawatan Ikan Glowlight Tetra

Glowlight tetra atau Hemigrammus erythrozonus berasal dari lembah Essiquibo di Amerika Selatan. Glowlight seperti semua jenis ikan tetra adalah anggota keluarga Characidae. Mereka mendapatkan nama glowlight tetra karena memiliki garis merah yang sangat reflektif yang membentang dari bagian tengah tubuh sampai ke ekornya. Garis ini tampak bersinar di bawah pencahayaan akuarium.

Tetra adalah ikan shoaling. Ikan shoaling adalah ikan yang sangat sosial yang secara naluriah melakukan perjalanan dalam kelompok. Mereka cenderung tidak hidup dengan baik di akuarium tanpa anggota lain dari spesies mereka. Bergantung pada seberapa kuat naluri yang berjalan pada suatu spesies, beberapa ikan shoaling tidak dapat bertahan hidup sama sekali di lingkungan yang terisolasi. Kami sarankan untuk memiliki setidaknya delapan ikan shoaling yang dipelihara pada Akuarium ikan komunitas.

Glowlight tetra adalah jenis ikan air tawar kecil, mencapai panjang dewasa sekitar 4 cm. Mereka memiliki disposisi yang lembut dan membuat tambahan yang bagus untuk akuarium kelompok asalkan mereka berada di hadapan ikan dengan sifat serupa yang ukurannya tidak cukup besar untuk melihatnya sebagai sumber nutrisi.

Glowlight, seperti semua ikan tetra, adalah penyembunyi. Mereka dengan mudah dipelihara pada akuarium yang memiliki banyak tanaman. Memberi mereka banyak tempat untuk bersembunyi akan meningkatkan peluang ikan yang agak kecil ini untuk bertahan hidup dalam jangka panjang di lingkungan kelompok. Glowlights adalah perenang area tengah akuarium. Jadi Sobat Exotic harus memiliki vegetasi yang cukup besar di tengah akuarium Sobat Exotic.

Sebagian besar spesies ikan air tawar asli Amerika Selatan tumbuh subur di air yang sedikit asam. Glowlight tidak terkecuali. Glowlights terbiasa dengan tingkat pH sekitar 6,8 dengan suhu air antara 26°C.

Persiapan Budidaya

Tetra pada dasarnya adalah omnivora. Mereka dapat bertahan hidup dengan sangat baik dengan makanan ikan tropis varietas taman. Mereka juga akan memakan produk pelet kering dan beku serta makanan hidup seperti udang air asin.

Glowlight jantan dan betina memiliki palet warna yang identik. Sobat Exotic umumnya dapat membedakan jenis kelamin berdasarkan bentuk tubuh mereka. Betina memiliki tubuh yang lebih berisi dan bulat daripada jantan. Sifat ini lebih terasa saat mereka sedang mengandung telur.

Ikan Glowlight tetra

Glowlight tetra cenderung berkembang biak di lingkungan yang sangat mirip dengan perairan asli mereka. Menyaring air akuarium mengunakan gambut atau menambahkan lapisan tipis ke substrat akan membantu membuat mereka betah. Pastikan gambut tidak mengandung bahan tambahan kimia atau pupuk. Akuarium budidaya harus selalu digunakan. Sediakan Akuarium dengan banyak dedaunan berdaun halus.

Glowlight tetra adalah pemakan telur, terkenal suka memakan telurnya yang belum menetas. Tetra akan menyebarkan telurnya di antara tanaman secara naluriah. Segera keluarkan indukan tetra dari Akuarium budidaya setelah pemijahan.

Info Pets Selanjutnya  Panduan Merawat Ikan Silvertip Tetra

Burayak akan menetas dalam waktu 24 jam. Benih yang baru menetas dapat diberi pakan benur cair yang diformulasikan untuk ikan burayak. Dalam beberapa hari makanan mereka dapat dialihkan ke udang air asin yang baru menetas. Telur bubuk adalah pengganti yang bisa diberikan. Dalam seminggu atau lebih mereka bisa diberi makan serpihan pelet ikan tropis yang ditumbuk halus.

Harga

Harga Ikan Glowlight Tetra bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan. Namun, harga rata-rata untuk Ikan Glowlight Tetra berkisar antara Rp.20.000 – Rp.60.000 per ekor. Beberapa jenis ikan Glowlight Tetra yang lebih langka atau unik dapat mencapai harga yang lebih tinggi. Selain itu, biaya tambahan seperti peralatan, makanan, dan perawatan kesehatan juga harus dipertimbangkan.

Ikan Glowlight Tetra adalah ikan yang sangat populer di kalangan hobbyis akuarium. Ikan ini terkenal karena warna-warnanya yang menarik dan karakternya yang ramah. Ikan Glowlight Tetra cocok untuk dijadikan ikan hias di akuarium air tawar. Ikan ini dapat hidup dengan baik dalam akuarium yang cukup besar dan diperlukan peralatan yang cukup lengkap seperti filter, heater, dll.

Sangat disarankan untuk melakukan riset dan mencari sumber yang terpercaya sebelum membeli ikan Glowlight Tetra. Jangan lupa memastikan kondisi ikan serta perawatan yang dibutuhkan, agar ikan dapat hidup dengan baik.

Glowlight Tetra Cocok Dipelihara di Akuarium Kawanan

Berasal dari sungai Essequibo di Guyana, ikan tetra Glowlight berasal dari air yang sangat bergelombang. Sungai mengalir melalui pegunungan dan hutan. Dalam perjalanannya ke Samudera Atlantik, sungai ini memiliki banyak air terjun dan jeram. Secara alami ikan sudah terbiasa tinggal di arus air.

Ukuran maksimum ikan tetra Glowlight adalah sekitar 4 cm. Mereka memiliki warna keperakan pada tubuhnya dan ada satu garis terang di seluruh tubuhnya mulai dari moncong hingga ekor. Warna garisnya biasanya merah tetapi terkadang Sobat Exotic bisa menemukan Glowlight tetra dengan garis oranye.

Sirip biasanya transparan, tetapi terkadang Sobat Exotic juga dapat menemukan sirip berwarna keperakan. Peternak yang inovatif berhasil memunculkan variasi warna pada tubuhnya. Jadi hari ini Sobat Exotic bisa memiliki ikan tetra Glowlight dengan tubuh berwarna emas.

Ikan ini dideskripsikan sebagai ikan kawanan dan harus dipelihara dalam kelompok minimal delapan ekor. Jika Sobat Exotic bisa memelihara kelompok yang lebih besar, ikan tetra akan bisa hidup bahagia. Namun memelihara hanya satu atau sepasang tidak disarankan karena Ikan akan menjadi stres dan sakit. Umur ikan juga akan menjadi lebih pendek karena merasa tidak aman dan tidak bisa berenang dengan bebas. Namun jika dipelihara dalam kelompok yang lebih besar, mereka akan selalu aktif dan menunjukkan perilaku alami.

Info Pets Selanjutnya  Memelihara Ikan Lungfish di Akuarium

Ikan tetra glowlight biasanya cenderung tinggal di bagian tengah akuarium, sedikit di atas dasar. Namun, saat diberi makan, mereka akan langsung muncul ke permukaan air dan berusaha merebut makanan. Mereka adalah pemakan yang rakus dan jika Sobat Exotic memeliharanya dengan baik, mereka dapat hidup antara 5 hingga 8 tahun.

Jika Sobat Exotic berencana untuk memeliharanya di akuarium kawanan, Sobat Exotic harus selalu memilih spesies yang tidak agresif untuk tinggal bersama mereka. Cardinal tetra adalah pasangan yang baik untuk ikan Glowlight tetra. Perpaduan warna kedua ikan tersebut akan membuat akuarium Sobat Exotic benar-benar cantik. Cardinal tetra akan membentuk kelompoknya sendiri dan mereka akan berenang bersama Glowlight tetra sepanjang waktu. Ini akan membuat akuarium Sobat Exotic nampak cantik.

Setelan Akuarium

Mengenai kondisi air di dalam akuarium, tidak ada persyaratan yang rumit. Suhu air harus berada dalam kisaran 26° C dan tingkat pH air harus antara 6,0 hingga 7,5.

Jika Sobat Exotic dapat menyiapkan akuarium berukuran sedang, ini bagus untuk ikan tetra Glowlight. Akuarium 50 Liter cukup bagus untuk mereka tetapi jika Sobat Exotic mampu menyediakan akuarium 100 Liter yang akan membuat mereka nyaman. Sobat Exotic harus mencoba meniru kondisi kehidupan alami mereka termasuk banyak tanaman dengan daun halus, area yang bagus untuk berenang dan air yang terus mengalir.

Pencahayaan akuarium harus moderat dan warna substrat sebaiknya gelap.

Mengenai makanannya, mereka suka makan cacing dan tumbuhan. Namun, mereka akan senang makan serpihan makanan serta sayuran rebus.

Ikan tetra glowlight dijual pada banyak toko ikan peliharaan terdekat dan harganya tidak terlalu mahal. Jadi mereka ideal untuk pemula maupun pemelihara ikan berpengalaman.

Glowlight Tetra Tidak Merawat Anaknya

Ikan glowlight tetra adalah spesies berpenampilan menarik dengan warna-warna cerah. Karena tidak terlalu mahal dan tersedia dengan mudah, mereka dipelihara baik oleh pemula maupun pemelihara ikan berpengalaman. Peternak yang inovatif baru-baru ini mengembangkan sejumlah varietas warna-warni untuk jenis ikan ini.

Karena mereka tidak membutuhkan perawatan yang rumit, memelihara ikan tetra adalah pengalaman yang menyenangkan. Namun jika Sobat Exotic ingin membiakkannya, ada beberapa hal khusus yang harus Sobat Exotic ingat.

Membiakkan ikan Glowlight tetra dianggap cukup sulit oleh para pemelihara ikan. Pertama-tama, sulit untuk mengetahui jenis kelamin mereka karena ternyata tidak ada tanda. Sobat Exotic dapat meminta bantuan toko hewan peliharaan saat membawanya pulang sehingga Sobat Exotic dapat membelinya dengan perbandingan dua hingga tiga betina per jantan.

Info Pets Selanjutnya  Daftar Hewan Peliharaan ( Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing ) Yang Menyenangkan Dipelihara di Rumah

Di alam bebas, mereka dapat menggandakan populasinya dalam 15 bulan. Namun, lingkungan alami mereka sulit ditiru, perkembangbiakannya menjadi lebih sulit. Selain itu, ikan Glowlight tetra tidak merawat anaknya, jadi Sobat Exotic harus merawat telur dan juga burayaknya.

Ketika mereka sudah dewasa dan siap untuk bertelur, Sobat Exotic harus memindahkannya dalam proporsi yang sama ke Akuarium terpisah yang mungkin Sobat Exotic sebut di Akuarium pembibitan. Sebelum itu, Sobat Exotic harus memberi mereka makan setidaknya selama 4 sampai 5 minggu dengan makanan yang sangat baik termasuk makanan hidup.

Akuarium budidaya harus dihias dengan baik dengan tanaman hidup maupun buatan dan harus ada cahaya yang sangat rendah di dalam Akuarium. Suhu Akuarium harus berkisar antara 26° C .

Proses Pemijahan

Biasanya, peternak yang berpengalaman akan memelihara pejantan dan betina secara terpisah sebelum menyatukannya di dalam Akuarium budidaya. Setelah disatukan, pasangan tersebut akan berenang terbalik dan akhirnya betina akan mulai melepaskan telurnya. Ikan akan bertelur di atas daun tanaman dan akan bertelur sekitar 250 hingga 375 telur sekaligus.

Beberapa telur akan menempel di daun tanaman sementara yang lainnya akan jatuh ke dasar Akuarium. Sobat Exotic harus menyiapkan kisi pemijahan atau ketukan kaca di bagian bawah untuk merawat telur.

Setelah pemijahan selesai, Sobat Exotic harus segera mengeluarkan induk dewasa dari Akuarium budidaya, jika tidak mereka dapat memakan semua telurnya. Penetasan akan memakan waktu satu atau dua hari. Burayak akan mulai berenang dalam waktu sekitar empat hari. Sobat Exotic harus memberi mereka makanan khusus seperti serpih yang dihancurkan atau bayi udang air asin.

Ikan Glowlight tetra muda sangat rapuh dan jika Sobat Exotic tidak memeliharanya di akuarium yang terkondisi dengan baik, mereka tidak akan bertahan hidup.

Selama masa pertumbuhannya, air Akuarium budidaya harus benar-benar bersih dan diolah dengan baik. Sobat Exotic harus sering mengganti air. Jangan pernah mengganti seluruh air, tetapi ganti sekitar 35 persen air. Selama pertumbuhannya, harus ada pencahayaan rendah di dalam Akuarium. Sobat Exotic dapat meningkatkan pencahayaan secara bertahap seiring pertumbuhannya. Mereka akan mengembangkan garis kuning yang terkenal di tubuh mereka dalam dua hingga tiga minggu.

Benih akhirnya akan tumbuh dalam waktu sekitar 4 hingga 6 minggu dan setelah dewasa, Sobat Exotic dapat memindahkannya dengan aman ke akuarium utama.