Bunglon Parson Yang Besar dan Cantik

Bunglon Parson Yang Besar dan Cantik

Dari semua jenis bunglon di dunia, bunglon Parson (Calumma parsonii) bisa dikatakan sebagai yang terbesar dalam segi berat. Mereka bisa seukuran dengan kucing dan ekornya bisa diregangkan lebih panjang dari ukuran tubuhnya. Reptil besar ini berasal dari Madagaskar timur dan sangat populer di kalangan kolektor karena ukuran dan tampilannya.

Karakteristik Bunglon Parson

Bunglon berwarna cerah ini dicirikan oleh warna abu-abu atau kecoklatan saat muda tetapi warna dan polanya berubah tergantung pada berbagai tahap kehidupan yang mereka jalani. Garis-garis gelap membentang secara diagonal di tubuh bunglon yang besar ini. Di saat dewasa, warna hijau dan biru akan muncul. Sobat Exotic, Parson’s Chameleon jantan mungkin menunjukkan kelopak mata berwarna oranye dan bibir berwarna kuning atau putih. Kadang-kadang muncul dua tanduk pada kepala jantan.

Habitat alami reptil ini adalah hutan hujan dataran rendah dan menengah. Parson’s Chameleon tampaknya lebih suka berada di dekat air yang mengalir dan sangat sering ditemukan di tepi sungai. Mereka jarang terlihat di tanah, alih-alih lebih memilih puncak pohon untuk keamanan serta mencari mangsa.

Bunglon Parson adalah omnivora, memakan kadal kecil, burung, dan bahkan mungkin tikus kecil,  termasuk daun, bunga, serta berbagai jenis buah. Untuk sumber air, banyak pemilik bunglon memilih untuk menggunakan sistem tetes.

Bunglon tidak minum dari genangan air, lebih suka mengambil air dari tetesan daun. Seperti jenis bunglon lainnya, bunglon Parson dapat menjulurkan lidahnya hingga satu setengah panjang tubuhnya untuk menangkap mangsa.

Persiapan Kandang Bunglon Parson

Mungkin karena ukurannya yang besar, bunglon Parson cukup populer di kalangan penggemar reptil. Mereka adalah hewan yang bergerak sangat lambat dan nampak terlihat sedikit malas. Namun, jangan terkecoh dengan berpikir bisa memelihara bunglon ini ke dalam kandang yang lebih kecil. Bunglon membutuhkan banyak ruang untuk menjelajah. Sobat Exotic, Kandang berukuran 2×2 meter bisa memberikan banyak tempat untuk bersembunyi dan membuat bunglon Parson lebih sehat.

Info Pets Selanjutnya  Leopard Gecko Suka Menggali? Kenapa Begitu?

Persiapan Kandang Bunglon Parson

Membahas kebutuhan kandang, bunglon Parson memiliki persyaratan yang mirip dengan bunglon jenis lainnya. Mereka membutuhkan dahan pohon untuk di panjat, lebih disukai tumbuh-tumbuhan hidup. Sobat Exotic, Suhu kandang harus diatur hangat, sekitar 30 derajat celsius di siang hari dan tidak boleh di bawah 18 derajat di malam hari. Kelembaban harus tinggi untuk meniru habitat alami mereka di alam liar. EMI merekomendasikan tingkat kelembaban 80 hingga 100 persen.

Kandang harus terbuat dari bahan yang kokoh. Tanpa kaca atau plastik, karena tidak memungkinkan adanya pertukaran udara di dalam kandang. Mereka membutuhkan banyak ventilasi udara. Bunglon Parsons adalah makhluk soliter dan akan menunjukkan tanda-tanda stres ketika mengalami kepadatan kandang, kecuali saat musim kawin.

Reproduksi

Bunglon jantan yang sedang kawin akan saling membenturkan tubuh untuk mencoba dan menentukan siapa yang lebih dominan. Betina berkembang biak hanya sekali setiap dua tahun. Mereka bisa bertelur hingga 35 butir. Telur-telur itu menetas selama dua bulan.

Kesehatan

Umur bunglon parsons bisa mencapai lebih dari enam tahun. Periksa apakah kulitnya muncul kembali saat sobat Exotic mencubitnya dengan ringan. Jika tidak, ini tanda bahwa bunglon mengalami dehidrasi. Lihat juga seberapa aktif mereka. Malas memanjat atau bahkan malas bergerak bisa menjadi tanda bahwa reptil sedang sakit. Periksa apakah mata mereka selalu terbuka. Bunglon yang sehat tidak pernah menutup mata di siang hari.

Seperti hewan eksotik lainnya, cara terbaik untuk menjaga kesehatan Parsons Chameleon adalah dengan membuat kandang yang sehat. Siapkan kandang bunglon sebelum membeli Parsons Chameleon.

Info Tambahan

Bunglon terkenal karena kemampuannya untuk mengubah warna, namun ini bukan untuk tujuan kamuflase, melainkan sebagai cara komunikasi. Ini dilakukan dengan menggeser sel (kromatofora) dalam lapisan pigmen yang dirancang khusus. Bunglon diyakini tuli karena tidak memiliki telinga luar dan tengah, meskipun beberapa jenis bunglon dianggap dapat merasakan getaran melalui benda padat, sebagai bentuk komunikasi dan juga digunakan untuk berburu.

Info Pets Selanjutnya  Auto Banjir Duit!! Ternak Tegu Argentina Black and White

Mereka memiliki lidah yang sangat panjang dan lengket dengan rahang yang sangat kuat, bahkan bunglon muda dapat memakan serangga yang sangat besar. Bunglon memiliki mata stereoskopis, memungkinkan mereka untuk memiliki pandangan 360 derajat untuk mengamati lingkungan mereka;, ketika mangsa terlihat, mereka dapat memfokuskan kedua mata mangsa yang membantu menciptakan akurasi dan memastikan jarak.

Ekor mereka juga cukup terkenal karena bentuknya yang keriting, biasa digunakan untuk melilit dan menyeimbang tubuh. Kebanyakan Bunglon adalah karnivora dan hanya akan memakan serangga dan makhluk kecil lainnya. Namun beberapa spesies Bunglon adalah omnivora dan cenderung menikmati vegetasi.

Jikasobat Exotic memutuskan untuk membeli Bunglon sebagai hewan peliharaan, pastikan benar-benar meneliti Bunglon karena mereka adalah hewan yang sangat lembut. Habitat dan suhu kandang mereka, semuanya perlu diatur sebelum Bunglon dapat diperkenalkan ke lingkungan baru.

Bunglon sangat rentan terhadap penyakit Metabolic Bone dan penyakit yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya. Pastikan sobat Exotic melengkapi makanan ereka, pastikan Bunglon mendapatkan setidaknya 8 jam sinar UV dan jika skenario terburuk terjadi, pastikan sobat memiliki asuransi hewan peliharaan.

 

Halim

Top