Breeding Black Dragon Komaini: Tips Sukses Beternak

Breeding Black Dragon Komaini: Tips Sukses Beternak

Kali ini, kita hanya membahas mengenai tips sukses beternak/breeding black dragon Komaini (Varanus salvator komaini) asal Thailand walaupun black dragon water monitor juga dapat ditemukan di beberapa pulau di Indonesia, biasa disebut biawak Togian dan berukuran lebih kecil ketika dewasa dibandingkan black dragon dari Thailand. Varanus yang berasal dari Thailand, umumnya disebut sebagai subspesies Komaini dan sebagai bayangan, mereka bisa tumbuh sebesar komodo dewasa. Spesies Black Dragon Komaini pertama kali diidentifikasi oleh Wirot Nutphand, seorang herpetolog asal Thailand pada tahun 1987. Water monitor ini tidak termasuk hewan yang dilindungi di Indonesia. Harga dipasaran saat ini berkisar antara 3 juta s/d 8 juta.

Pengaturan Kandang dan Suhu :

Indukan Black Dragon water monitor dewasa memerlukan kandang yang lumayan luas minimal 4×4 Meter dan sebaiknya terletak di luar ruangan. Sobat Exotic bisa menghias kandang dengan dedaunan, cabang, dan batang kayu karena mereka suka memanjat dan sumber air yang cukup di mana mereka dapat berendam. Perhatikan tingkat kelembaban di antara 40-50%, suhu tempat berjemur harus berkisar antara 27º C dan 21º C di malam hari.

black dragon komaini

Setelah pengaturan kandang selesai diatur, saatnya untuk memilih indukan black dragon komaini. EMI merekomendasikan indukan hasil peternakan daripada hewan tangkapan liar, karena mereka akan lebih mudah disosialisasikan tanpa trauma penangkapan. Water monitor yang besar di penangkaran juga cenderung lebih penurut dan bersosialisasi dengan baik bila diberi perawatan yang tepat. Ada risiko kesehatan dengan black dragon yang ditangkap secara liar, seperti parasit.

Ada beberapa tips yang dapat membantu sobat Exotic dalam memilih spesimen indukan yang sehat: Sobat harus memilih black dragon yang tampak kekar dan aktif, dengan mata terbuka yang jernih dan tidak ada lendir yang berlebihan dari hidung atau mulut. Ingatlah bahwa black dragon yang tidak aktif mungkin tampak lebih jinak tetapi kurangnya kekekaran ini berpotensi menunjukkan masalah kesehatan. Memelihara hewan yang sehat tentu saja akan mengurangi stres secara signifikan baik bagi sobat Exotic maupun sang black dragon peliharaan.

Info Pets Selanjutnya  Daftar Berkala Perawatan Bearded Dragon

Tahapan Pengembang-biakan Black dragon Komaini :

Sobat Exotic, dialam liar water monitor merupakan spesies yang produktif, meniru kondisi alam untuk diterapkan kedalam peternakan bisa menjadi tantangan tersendiri. Pertama, memilih sepasang indukan black dragon yang tepat. Langkah awal ini lumayan sulit bahkan untuk breeder berpengalaman sekalipun. Black dragon jantan dewasa umumnya berukuran lebih besar dan memiliki tonjolan hemipenal dan terkadang mengeluarkan hemipennya bahkan ketika tidak berkembang-biak. Betina relatif berukuran mungil dengan moncong ramping dan runcing.

Kandang harus mengunakan substrat yang cukup dalam dengan komposisi dan konsistensi yang tepat untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan bersarang.

Pasangan black dragon membutuhkan kandang besar berukuran setidaknya 7×7 Meter. Betina yang diberi makan dengan benar yang dipelihara di bawah parameter peternakan yang benar dapat bertelur beberapa kali dalam setahun. Betina cenderung memiliki nafsu makan dan respons makan yang kuat saat hamil dalam upaya meningkatkan asupan kalori sebagai persiapan untuk bertelur. Karena black dragon betina cenderung memiliki siklus bertelur yang teratur, jadwal perkawinan berdasarkan waktu terakhir betina bertelur juga dimungkinkan. Metode pemantauan yang lebih disukai EMI adalah USG.

Ultrasounding menghilangkan dugaan, saat black dragon betina memiliki folikel berukuran optimal, dalam kisaran 14-20mm, jantan dipasangkan dengannya. Jika betina reseptif dan kopulasi berhasil, betina mungkin menjadi hamil dan akan bertelur 25-30 hari kemudian. Betina yang lebih besar menghasilkan telur yang lebih banyak daripada betina yang berukuran kecil.

Tergantung pada usia dan ukuran betina, telur yang dihasilkan berkisar antara 8 hingga 20 butir. Betina lebih menyukai substrat tempat bersarang berada pada kisaran suhu 24ºC, dan akan menghabiskan waktu beberapa hari untuk menggali “lubang tester” sampai menemukan lokasi bersarang yang sesuai selera. Telur ditempatkan dalam wadah plastik berisi media perlite dan diinkubasi pada suhu 27ºC dan akan mulai menetas dalam lima sampai enam bulan. Menetaskan baby black dragon water monitor merupakan pengalaman paling seru sebagai peternak reptil.

Info Pets Selanjutnya  Panduan Merawat Iguana Di Rumah

Catatan :

Sobat Exotic, berikan pakan penuh protein seperti hewan pengerat, ikan, dan unggas. Black dragon Komaini makan banyak sekali tetapi suhu habitat harus ideal agar pencernaan mereka berfungsi dengan baik. Water monitor ini direkomendasikan untuk breeder tingkat skill menengah hingga tingkat lanjut.

Info Tambahan Dalam Memelihara Water Monitor

Ada berbagai spesies biawak water monitor, lakukan penelitian untuk memastikan telah memilih jenis yang tepat untuk sobat Exotic dan keluarga juga penting untuk memiliki ruang dan lingkungan yang sesuai untuk biawak. Ukuran kadal dewasa sangat beragam, beberapa benar-benar mencapai 4 meter. Ukuran bukan satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan, mereka memakan hal yang berbeda mulai dari serangga, kemudian tumbuh dewasa dan menjadi karnivora. Makanan lezat lainnya termasuk telur rebus, cacing tanah, ulat sutra, dan terkadang ikan.

Beberapa biawak bisa berbahaya tetapi beberapa kasus telah membuktikan bahwa mereka mudah dijinakkan. Perawatan biawak membutuhkan kolam air besar yang memungkinkan mereka merendam seluruh tubuhnya. Mereka adalah kadal yang sangat aktif dan bisa menjadi sangat bermusuhan dan dapat menyerang dengan ekornya, ketika gelisah. Cakar yang tajam dan rahang yang kuat semuanya harus diperhitungkan dan dipersiapkan.

Beberapa jenis hampir tidak dapat dijinakkan, sementara yang lain sangat aman untuk dipelihara. Ingat saja kadal bukan mamalia. Mereka tidak aktif sepanjang hari. Sadarilah ada perbedaan yang signifikan antara mamalia dan reptil.

Keunikan biawak seharusnya tidak menjadi alasan seseorang menginginkan jenis hewan peliharaan ini. Water monitor bisa menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan, mengasyikkan dan jinak, tetapi merawat water monitor membutuhkan kerja keras. Biawak harus memiliki habitat yang cocok dan sangat besar, makanan yang benar dan perhatian sehari-hari. Water monitor perlu dijinakkan. Water monitor yang nakal dapat menunjukkan ketidaksenangannya dengan menggigit, mencakar dan mencambuk ekor, yang cukup menyakitkan. Sama seperti hewan peliharaan lainnya, pelatihan rutin, penanganan dan kesabaran sangat membantu dalam proses ini.

Info Pets Selanjutnya  Kura-Kura Darat Sulcata, Bagaimana Cara Merawat Kura-Kura Raksasa Afrika

Jika sobat Exotic memutuskan salah satu dari monitor ini harus dimiliki, sediakan area luas yang menyediakan banyak ruang persembunyian, sesuai dengan habitat aslinya, dengan tempat yang ideal bagi water monitor untuk menenggelamkan seluruh tubuhnya ke dalam air.

Pastinya pilihan yang satu ini unik, tidak banyak orang yang memiliki jenis hewan ini. Tentu butuh tipe orang khusus untuk menyukai water monitor, jangan heran jika semua teman sobat Exotic tidak tertarik atau bahkan takut dengan peliharaan baru ini. 

Water monitor memiliki daya tarik tersediri. Beberapa dapat menyebabkan luka serius pada pemiliknya atau anak-anak. Bijaksanalah dengan mempertimbangkan temperamen serta ukuran dan apakah mereka cocok untuk rumah dengan anak-anak dan apakah sobat memiliki ruang untuk habitat dan kebutuhan mereka.

Sobat Exotic harus meluangkan waktu untuk menjinakkan dan menyediakan semua yang mereka butuhkan selama hidup. Ingatlah TIDAK ADA hewan peliharaan yang menyenangkan jika mereka tidak jinak  atau bertingkah laku dan melakukan hal-hal yang tidak terduga. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk membaca dan melakukan penelitian sebelum membeli hewan peliharaan.

Rentang hidup water monitor bervariasi dari beberapa tahun hingga puluhan tahun.Ini adalah komitmen jangka panjang. Saat sobat Exotic yakin biawak cocok untuk dipelihara, yang tersisa hanyalah memilih dari banyaknya jenis water monitor. 

 

Referensi :

Thai National Parks – https://www.thainationalparks.com/species/varanus-salvator

 

Ivan

Top