Ikan Black Koi

Black Koi Spesies Ikan Mas Paling Unik

Sebagai hasil pembiakan selektif yang dimulai di Cina lebih dari seribu tahun yang lalu, Sobat Exotic akan menemukan bahwa ada banyak jenis dan kategori ikan koi saat ini. Dari semua kombinasi warna dan varietas ikan mas, Black Koi adalah yang paling unik.

Hitam adalah warna yang cukup mendasar tetapi mengingat ikan mas biasanya berwarna oranye dan putih dengan sedikit area merah yang tidak beraturan, Sobat Exotic akan tahu betapa istimewanya warna hitam bagi spesies ikan ini. Selain warnanya, koi yang beraneka warna tidak jauh berbeda dengan ikan koi yang berwarna hitam.

Membahas rentang usia, ikan koi dengan warna apa pun dapat hidup hingga 90 tahun. Di masa lalu, beberapa jenis ikan ini bahkan mampu hidup sampai tiga ratus tahun. Dalam menentukan jenis kelamin Black Koi, Sobat Exotic hanya perlu melihat bentuk anus ikan ini.

Jantan memiliki anus cekung. Indikasi lain dari jenis kelamin ikan Sobat Exotic adalah tempat berkembang biak di kepala ikan jantan. Jika ingin menambah jumlah koi yang Sobat Exotic miliki di kolam, Sobat Exotic harus tahu bahwa dalam pemijahan, lebih dari 2.000 telur dihasilkan oleh jenis ikan ini. Telur ini tergantung pada suhu air saat akan menetas menjadi benur. Itulah sebutan untuk bayi ikan koi, apapun warnanya.

Sobat Exotic tidak akan bisa benar-benar bisa melihat variasi warna pada ikan koi saat pertama kali menetas. Paling-paling, sedikit warna akan terlihat saat ikan Sobat Exotic berumur tiga minggu. Pada saat itulah Sobat Exotic dapat menentukan apakah Sobat Exotic memiliki ikan Black Koi atau tidak.

Ukuran Kolam Ikan Koi

Untuk perawatan, ikan koi hitam harus dipelihara di kolam-kolam besar yang dalam. Kolam dengan kedalaman setidaknya dua meter sudah cukup. Soalnya, ikan koi hitam Sobat Exotic bisa tumbuh hingga sepanjang 92 CM. Mereka akan membutuhkan banyak ruang untuk bergerak.

Sebenarnya ada banyak jenis Black Koi. Ada koi Magoi dari mana ikan koi hitam pertama berasal. Ada Karasu atau gagak seperti yang Sobat Exotic anggap juga benar-benar hitam dan ada Kumonryu atau ikan naga yang paling populer di antara ketiga varietas ikan koi.

Ketika Sobat Exotic melihat koi Magoi, mereka tidak benar-benar berwarna hitam tetapi warna perunggu gelap yang indah. Mereka hanya tampak hitam dari atas permukaan air. Karasu adalah ikan dengan sirip hitam dan tubuh hitam tetapi dapat memiliki sedikit warna putih atau oranye di tubuhnya.

Adapun ikan Black Koi yang paling populer, yaitu ikan naga, adalah ikan koi yang memiliki bentuk seperti tubuh naga yang muncul di awan. Meski hampir seluruh tubuh berwarna hitam, ikan ini memiliki kemampuan untuk berubah warna.

Sebagai pemelihara koi, akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi Sobat Exotic untuk melihat ikan koi hitam Sobat Exotic berubah menjadi koi putih, koi oranye atau koi berbintik. Sobat Exotic tidak perlu khawatir akan kehilangan keunikannya. Mereka akan berubah kembali menjadi hitam.

Black Koi Jepang

Ikan koi memiliki daya tahan yang tidak biasa. Beberapa ditemukan mampu hidup selama tiga ratus tahun meskipun masa hidup mereka biasanya mencapai sembilan puluh lima tahun. Semua jenis ikan Koi ditemukan di kolam luar ruangan di hampir setiap negara di dunia. Jantan dibedakan dengan bagian duburnya yang berbentuk mangkuk.

Koi jantan juga dikenali dari tempat berkembang biak yang menarik di kepala mereka. Saat mereka berkembang biak, mereka bisa menelurkan telur sebanyak tiga ribu atau lebih. Baby Koi disebut ‘benur’ muncul dari telur dalam waktu sekitar 4 sampai 7 hari tergantung pada suhu air. Warna utama ikan koi tidak muncul sampai usia 3 sampai 12 minggu setelah lahir.

Orang Jepang menciptakan ikan ini dari mutasi ikan mas. Awalnya hanya tersedia dalam satu atau dua warna. Tetapi dengan eksplorasi teknik budidaya terbaru, ikan koi kini telah tersedia dalam lebih banyak warna dan pola. Warna dan pola yang berbeda adalah kartu gambar mereka dari abad pertengahan hingga saat ini.

Black Koi dibesarkan di kolam besar karena ukurannya yang besar. Panjang standar mereka adalah 100 cm. Salah satu varietas yang disebut Magoi Koi pada dasarnya berwarna perunggu tua tetapi tampak mirip dengan Black Koi jika dilihat dari posisi atas.

Mereka adalah salah satu varietas mutasi hitam pertama. Karena ukurannya yang tidak biasa, ikan koi Magoi dieksploitasi untuk memaksimalkan kemungkinan pertumbuhan spesies lain.

Varietas lain yang disebut Black Koi Karasu atau gagak adalah spesies Koi yang lebih primitif. Mereka memiliki tubuh berwarna hitam dan sirip hitam. Spesies ini memiliki perut berwarna putih atau kuning.

Koi Bisa Berubah Warna

Koi memiliki kemampuan luar biasa untuk mengubah warna tubuh mereka mengikuti rangsangan lingkungan atau menyesuaikan pola makan mereka. Koi berwarna kusam dapat berubah warna menjadi lebih cerah.

Ikan Black Koi

Salah satu spesies Koi tertentu yang dapat berubah warna secara mencolok adalah Matsukawabake, Koi yang biasanya berwarna hitam dengan area berwarna putih. Sangat menarik untuk dicatat bahwa sehubungan dengan suhu air, ikan Koi dapat menjadi hitam seluruhnya atau seluruhnya putih dan dengan perubahan kondisi yang memicu perubahan awal, mereka dapat kembali ke warna aslinya.

Kumonryu atau ikan naga dianggap yang paling terkenal di antara spesies Black Koi. Mereka pertama kali menjadi perhatian pada awal 1970-an. Mendapat julukan ikan naga karena banyak yang percaya bahwa mereka memiliki kemiripan dengan bentuk naga seperti yang digambarkan dalam lukisan bersejarah.

Info Pets Selanjutnya  Begini Cara Merawat Ikan Glass Bloodfin Tetra

Ikan Naga berbagi keharmonisan dengan spesies Black Koi populer lainnya yang disebut Matsukawabake karena kedua varietas dapat menyesuaikan warna.

Berbagai macam warna Koi adalah salah satu alasan utama yang membawa minat pemilik kolam untuk memelihara ikan Koi. Hal yang lebih menarik lagi adalah memelihara ikan seperti Black Koi yang mampu mengubah warna di depan mata Sobat Exotic.

Harga

Harga ikan Black Koi bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan tersebut. Black Koi adalah jenis ikan Koi yang memiliki warna hitam yang terang dan mencolok. Harga rata-rata untuk ikan Black Koi berkisar antara Rp.700.000 hingga Rp.1.000.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitas ikan.

Namun, harga dapat lebih tinggi jika ikan tersebut adalah ikan yang sangat langka atau memiliki warna yang sangat indah. Harga juga dapat berbeda berdasarkan tempat dan waktu pembelian. Namun, harus diingat bahwa ikan Black Koi cukup sulit untuk diperoleh, sehingga harga yang ditawarkan mungkin lebih tinggi dari harga rata-rata.

Warna Black Koi

Hitam adalah salah satu warna yang tidak pernah ketinggalan zaman. Hitam itu berkelas, hitam itu abadi, hitam itu elegan. Dari mobil hingga pakaian sampai hewan peliharaan, warna hitam memiliki penggemar tersendiri. Dan dunia ikan Koi tidak terkecuali. Di antara pecinta Koi, baik itu peternak profesional atau penghobi atau sekadar penggemar ikan, Black Koi telah memikat imajinasi banyak orang.

Ada banyak orang yang secara khusus mencari Black Koi. Dan mengapa tidak, seekor Black Koi yang berenang dengan anggun bersama yang berwarna cerah lainnya adalah pemandangan indah untuk dinikmati. Selain warnanya, dua alasan lain yang menambah popularitas Black Koi adalah ukurannya yang lebih besar dan kemampuannya untuk mengubah warna. Perubahan warna tersebut terjadi karena perubahan suhu air (musiman) atau karena perubahan makanannya.

Penting untuk dicatat di sini bahwa tidak ada perbedaan antara Koi berwarnalain  dan Black Koi. Mereka sama saja. Hitam hanyalah warna lain di mana Koi tersedia. Sobat Exotic bisa memelihara Koi serba hitam atau hitam dengan beberapa tanda warna-warni. Beberapa varietas Koi telah diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori berdasarkan warna hitamnya.

Kategori Ikan Koi

Karasu, bisa disebut Koi serba hitam karena bagian tubuhnya yang terlihat berwarna hitam. Namun bagian perut ikan ini bisa berwarna putih atau jingga. Karena tubuh bagian atas dan siripnya benar-benar hitam, Koi ini disebut juga  sebagai koi gagak. Juga, Karasu secara harfiah berarti gagak dalam bahasa Jepang.

Matsukawabake, Koi ini adalah campuran hitam dan putih. Bisa berubah menjadi hitam sepenuhnya (atau putih) dalam keadaan tertentu, karena perubahan warna musiman.

Showa Sanshoku/Sanke, Black Koi dengan tanda merah dan putih. Namun terkadang warna putih pada tubuhnya bertambah banyak sehingga bisa dikaburkan dengan Taisho Sanke, yaitu Koi berkulit putih.

Utsurimono , Black Koi ini memiliki tanda merah, putih atau kuning.

Kumonryu, adalah ikan bersisik doitsu hitam dengan tanda putih melengkung. Mereka juga dikenal sebagai ikan naga karena kemiripannya dengan gambar naga yang digambarkan dalam lukisan oriental. Terkenal karena kemampuannya mengubah warna tergantung musim.

Selain itu ada beberapa varietas yang sebenarnya tidak hitam tetapi tampak hitam jika dilihat dari atas karena coraknya yang sangat gelap.

Termasuk Varietas Berikut

Tsumi Goromo, Jenis Koromo Koi, memiliki overlay tinggi burgundy yang sangat gelap, berpola dengan cara yang menciptakan efek seperti tandan anggur. Karena warna yang sangat gelap, mereka tampak hampir hitam.

Magoi, Ikan ini memiliki sisik perunggu yang dalam sehingga tampak berwarna hitam. Beberapa penggemar ikan tidak menganggap mereka sebagai Koi sejati. Karena mereka bebas dari efek pengerdilan budidaya untuk tujuan mutasi warna namun mereka dapat tumbuh sangat besar.

Karena kualitas ini, keturunan mereka diperkenalkan kembali ke beberapa garis keturunan Go Sanke untuk memaksimalkan potensi pertumbuhan.

Pernahkah Sobat Exotic membayangkan bahwa hitam bisa begitu ‘berwarna? Di dunia pecinta Koi, warna seperti pembiasan cahaya dari prisma, sedikit perubahan dan Sobat Exotic memiliki serangkaian warna yang berbeda.

Informasi Lebih Lanjut Tentang Black Koi

Black Koi adalah jenis ikan koi yang unik. Warnanya jauh berbeda dengan jenis ikan koi lain yang Sobat Exotic lihat di berbagai kolam. Koi dikenal memiliki umur panjang hingga 300 tahun tetapi biasanya dengan perawatan dan pola makan yang tepat, mereka dapat hidup hingga delapan puluh hingga sembilan puluh puluh lima tahun.

Ikan yang luar biasa ini memiliki beberapa karakteristik menarik yang mirip dengan spesies koi lainnya. Meskipun tidak berwarna cerah seperti spesies lainnya, Black Koi memiliki penampilan yang memukau dan populer di kalangan pemilik kolam di seluruh dunia.

Black Koi biasanya tumbuh hingga panjang 90 cm dan harus dipelihara di kolam besar yang dirawat dengan baik. Beberapa pecinta koi membuat kesalahan dengan merawat Black Koi di kolam yang lebih kecil tetapi koi karena ukurannya yang besar membutuhkan banyak ruang untuk bergerak.

Magoi adalah salah satu jenis ikan yang dimanfaatkan pada spesies lain untuk mempercepat proses pertumbuhan koi. Salah satu ciri unik ikan ini adalah kemampuannya untuk mengubah warna. Ini pada dasarnya karena habitat mereka dan makanan yang biasa mereka makan. Matsukawabake koi, adalah jenis Black Koi lain yang terkenal dengan kemampuan ini.

Info Pets Selanjutnya  Persiapan Akuarium Ikan Badut

Seperti jenis koi lainnya, Black Koi memiliki kemampuan untuk berubah warna. Beberapa jenis ini dipengaruhi oleh makanan yang dimakannya, suhu tempatnya dan kesehatannya sendiri. Beberapa ikan koi dapat berubah warna dari hitam menjadi putih dan kembali lagi tergantung keadaan sekitarnya. Kemampuan untuk mengubah warna adalah salah satu ciri khas yang membuat koi jenis ini menjadi ikan kolam yang populer.

Berkembang-biak

Black Koi biasanya berkembang biak ketika panjangnya mencapai tiga puluh sentimeter. Koi memiliki berbagai macam warna dan Black Koi adalah salah satu jenis yang berasal dari mutasi ikan mas. Jenis ini bahkan memiliki berbagai pola. Jadi ketika Sobat Exotic memilih varietas koi pastikan untuk mengumpulkan banyak informasi yang cukup tentang semua jenis ikan koi yang membuat Sobat Exotic terpesona.

Black Koi tentu menjadi hewan peliharaan yang sangat baik karena mudah dirawat. Mereka cukup jinak dan tidak agresif dan sering memberikan kesenangan berjam-jam kepada pemiliknya setiap kali melihat ikan ini berenang di kolam.

Jenis ikan ini tentu saja merupakan tambahan yang sangat baik untuk setiap kolam buatan. Ada berbagai cara merawat ikan koi Sobat Exotic dan jika dipelihara dengan benar, hewan peliharaan koi Sobat Exotic dapat hidup beberapa puluh tahun lagi.

Kolam adalah atribut yang paling menarik di luar ruangan Sobat Exotic dan selanjutnya dapat ditingkatkan dengan penambahan ikan Black Koi terutama yang dapat berubah warna setiap musim. Memiliki jenis ikan ini di dalam kolam sering menjadi pemandangan yang indah untuk dilihat dan biasanya memberikan kenikmatan selama bertahun-tahun tidak hanya bagi pemiliknya tetapi juga bagi semua orang yang melihat kolam tersebut.

Koi telah menjadi sumber kenikmatan konstan bagi orang-orang di seluruh dunia. Ukurannya yang besar dan pola pewarnaannya yang kaya membuatnya menjadi daya tarik tambahan untuk setiap latar lanskap.

Memahami Ikan Black Koi

Asal

Ikan koi berasal dari ikan mas biasa. Ikan berwarna kusam ini paling banyak memiliki dua warna, kadang hitam, kadang abu-abu. Melalui upaya penuh dedikasi dari para breeder Jepang dalam perkawinan silang, mereka berhasil menciptakan mutasi yang menghasilkan ikan mas berwarna-warni, yang sekarang dikenal sebagai ikan koi Jepang.

Namun beberapa dari mereka menolak untuk menyesuaikan diri dengan gaya baru dan tetap mempertahankan warna aslinya. Mereka dikenal sebagai ikan Black Koi.

Black Koi

Ikan Black Koi, meskipun tidak biasa seperti varietas yang lebih berwarna, juga memiliki cerita tersendiri. Hampir tidak termasuk “kambing hitam” dari keluarga koi, sebagian besar ikan Black Koi diklasifikasikan sebagai Kawarimono, kategori yang termasuk dalam ras koi yang sulit ditempatkan dalam varietas tertentu, karena pola dan penandanya yang tidak konvensional.

Magoi

Salah satu jenis Kawarimono tersebut adalah Magoi yang sebenarnya berwarna perunggu tua meskipun terlihat hitam jika dilihat dari atas. Koi ini umumnya tidak diakui sebagai koi sejati tetapi masih dihargai oleh banyak orang karena ukurannya.

Magoi diketahui mampu tumbuh lebih besar dan berenang lebih cepat dari rata-rata ikan koi. Oleh karena itu persilangan dengan varietas lain sudah dipraktekkan saat ini, karena hal ini dapat membantu pertumbuhan yang cepat oleh garis keturunan berikutnya.

Karasu

Karasu atau gagak dalam bahasa Jepang, benar-benar hitam tidak seperti Magoi. Mereka dianggap sebagai varietas koi yang sangat tua dengan sirip hitam dan tubuh hitam meskipun terkadang memiliki perut berwarna putih atau oranye. Mereka memiliki kemiripan yang disebut Hajiro,yang berwarna hitam dengan hidung berujung putih dan sirip dada berujung putih. Hageshiro berwarna hitam dengan kepala putih, sedangkan Yotsujiro berwarna hitam dengan sirip yang benar-benar putih. Semua ikan Black Koi ini harus memiliki sumi yang dalam dan rata.

Koi Bunglon

Matsukawabake cukup berkarakter. Ikan Black Koi ini sebenarnya memiliki kemampuan untuk berubah warna bahkan dalam sekejap, dari hitam hari ini menjadi putih di esok lusa. Perubahan tersebut biasanya disebabkan oleh penyimpangan suhu air atau pola makan normal.

Ini tidak boleh ditafsirkan sebagai semacam adaptasi, karena meskipun mungkin menarik, orang harus berhati-hati untuk mempertimbangkan bahwa perubahan warna mungkin merupakan indikasi masalah pada air atau makanan koi. Setelah suhu air stabil atau makanan biasa diperkenalkan kembali, Matsukawabake kembali menjadi Black Koi biasa.

Ikan Naga

Mungkin varietas ikan Black Koi yang paling disukai adalah Kumonryu, yang pertama kali muncul pada tahun 1970-an. Namanya dalam bahasa Jepang untuk ikan naga, karena tanda-tanda dari jenis khusus ini mengingatkan pada binatang mitos kuno yang kadang-kadang hadir dalam lukisan Oriental.

Pola bisa sangat bervariasi, tetapi contoh terbaik adalah yang mereka memiliki garis putih besar di sepanjang bagian atas tubuh. Seperti Matsukawabake, ikan Black Koi ini juga bisa berubah warna, kali ini lebih bergantung pada musim.

Seperti semua varietas ikan mas, Black Koi dapat berubah warna saat dewasa. Beberapa memiliki bintik-bintik, sementara yang lain kehilangan bintik-bintiknya. Warnanya dipengaruhi oleh makanan, suhu, musim dan kesehatan. Ikan koi yang dirawat dengan baik hanya sedikit berubah warna. Jadi jika Sobat Exotic khawatir ikan Sobat Exotic akan berubah warna, jangan terlalu khawatir selama Sobat Exotic merawat dan memenuhi kebutuhannya.

Koi jantan terkadang dapat dikenali dari bintik berkembang biak yang muncul di kepalanya. Area anus berbentuk cekung. Seperti kebanyakan hewan, pejantan melakukan perkawinan. Dan karena mereka bersifat sosial, mereka suka berenang dalam kelompok kecil. Ikan yang berenang sendirian kemungkinan besar sakit atau cacat. Mereka menciptakan hubungan dengan orang-orang yang kerap mereka lihat di sekitar, bahkan dengan pemilik mereka.

Info Pets Selanjutnya  Tips Jitu Cara Budidaya Ikan Koi

Musim Bertelur

Ikan Black Koi bertelur antara musim rambutan dan musim durian. Betina dapat menghasilkan 3.000 butir telur. Saat telur mulai menetas, burayak (nama bayi koi) hanya akan muncul sepenuhnya antara empat hingga tujuh hari. Waktu yang diperlukan untuk menetas sepenuhnya juga bergantung pada suhu air. Setelah tiga hingga dua belas hari, benur mulai berubah warna. Jenis ikan yang luar biasa ini pertama kali muncul dalam beberapa variasi warna. Ketika para peternak mulai memperhatikan mutasi warna pada ikan mereka, mereka mulai membiakkannya.

Black Koi, khususnya, dapat tumbuh hingga sepanjang 1 meter. Itu sebabnya kolam atau telaga besar adalah tempat tinggalnya yang paling ideal. Biasanya, Koi akan berubah warna dari warna yang lebih kusam atau lebih cerah. Fakta paling menarik tentang ikan Black Koi adalah ia dapat berubah menjadi hitam seluruhnya atau putih seluruhnya sesuai dengan perubahan musim atau perubahan suhu air. Ketika ditempatkan kembali ke habitat aslinya dan ideal, kulit mereka akan kembali ke pola semula.

Berbagai macam warna membuat koi sangat menarik. Mereka memiliki kemampuan untuk benar-benar mengubah kecantikannya tepat di depan mata Sobat Exotic, karakteristik yang umum pada beberapa spesies Black Koi. Merawat ikan koi jenis ini memang menyenangkan. Kemampuannya untuk menjadi seperti bunglon cukup menghibur sebagian besar peternaknya.

Saat Sobat Exotic melihat mereka berenang di sekitar kolam, mereka terlihat seperti permata yang berkilauan di bawah sinar matahari. Selain keindahannya, banyak yang percaya bahwa ikan koi membawa keberuntungan dan rejeki yang tiada habisnya.

Black Koi Sebagai Perhiasan Kolam Taman Sobat Exotic

Ikan Black Koi terkenal terutama karena warnanya. Ada beberapa fitur lain yang membuat mereka mengagumkan dan menarik.

Orang Jepang menggambarkan Black Koi sebagai perhiasan Hidup karena bentuknya yang menarik dan cara renangnya yang anggun,

Mereka dapat hidup hingga 90 tahun di akuarium dengan perawatan yang tepat. Jadi umur mereka panjang. Banyak orang berpikir bahwa ini adalah poin plus untuk memelihara mereka.

Sobat Exotic dapat dengan mudah mengidentifikasi Black Koi jantan dan betina. Jantan akan memiliki anus cekung dan mungkin menunjukkan bintik-bintik di kepalanya, yang dikenal sebagai olahraga kawin.

Mereka bisa berubah warna tergantung musim dan suhu air serta makanannya. Black Koi bisa menjadi putih! Saat suhu dan lingkungan berubah, mereka dapat kembali ke warna aslinya.

Ada satu varietas Black Koi yang disebut ‘ikan naga’. Bentuk tubuh mereka mirip dengan gambar naga Jepang kuno. Banyak orang percaya bahwa mereka benar-benar meniru gambar naga di awan.

Ada satu lagi jenis ikan Black Koi yang disebut Karasu. Warna tubuhnya hitam tetapi perutnya putih atau jingga. Mereka juga merupakan varietas yang sangat populer di kalangan pemelihara ikan.

Keunikan Black Koi

Mereka membutuhkan ruang besar untuk berenang karena mereka dapat tumbuh hingga 1 meter. Mereka tumbuh dengan sangat cepat 3 cm per bulan. Berat ikan dewasa adalah sekitar 9 Kg. Ukuran normal kolam untuk mereka setidaknya harus 2000 Liter.

Karena Ikan koi menyukai akar tanaman, mereka dapat dengan mudah menggali tanaman di kolam. Sobat Exotic harus menambahkan batu di pangkal tanaman untuk perlindungan.

Warna ikan Black Koi Magoi adalah warna perunggu tetapi jika dilihat dari atas akuarium warnanya hitam.

Musim kemarau adalah musim kawin mereka. Mereka dapat menghasilkan hingga 2200 telur pada saat itu. Yang muda tidak akan berwarna seperti ikan dewasa tetapi mereka akan mendapatkan warnanya dalam waktu seminggu.

Jika Sobat Exotic pergi ke pasar ikan hias untuk membelinya, Sobat Exotic akan menemukan fakta bahwa ikan ini cukup mahal. Black Koi berukuran 30 cm harganya sekitar Rp.3.000,000. Varietas yang sangat mahal bisa mencapai Rp.1.000.000.000. Harga yang tinggi ini juga karena kepercayaan banyak orang bahwa black koi membawa keberuntungan dan rejeki yang tidak terbatas.

Pada dasarnya mereka adalah ikan air dingin. Ikan koi dapat bertahan hidup di kolam bahkan di musim hujan, jadi Sobat Exotic tidak perlu memindahkannya di dalam rumah selama musim hujan.

Mereka tidak agresif dan bisa hidup bahagia dengan jenis ikan lain.

Karena Jepang dianggap sebagai tempat terbaik untuk berkembang biak, sebagian besar Black Koi diimpor dari sana. Pemelihara ikan berpengalaman selalu bersikeras bahwa mereka harus mendapatkan indukan Black Koi Jepang asli.

Ikan Koi cukup cerdas karena dapat mengenali pemiliknya. Mereka dapat diberi makan dengan tangan karena mereka akan muncul ke permukaan saat Sobat Exotic mendekati kolam.

Mereka sangat mudah dipelihara karena kebutuhan makanan serta kondisi air untuk hidup mereka tidak rumit. Jadi jika Sobat Exotic siap menghabiskan sebagian kecil waktu luang Sobat Exotic untuk memelihara mereka, Sobat Exotic dapat menikmati kehadiran mereka di rumah Sobat Exotic.