Ikan Glass Bloodfin Tetra

Begini Cara Merawat Ikan Glass Bloodfin Tetra

Ikan Glass Bloodfin Tetra (Prionobrama filigera) adalah tetra berukuran sedang, tumbuh hingga ukuran maksimum sekitar 6 cm, meskipun biasanya lebih kecil dari ukuran ini.

Glass Bloodfin lebih mudah dipelihara dan berkembang biak daripada kebanyakan tetra. Mereka juga akan mentolerir kondisi air yang sedikit basa dengan lebih baik serta air yang lebih keras dan akan membawa air hingga sekitar Ph 7,8. Mereka adalah ikan sosial yang sangat damai, dan akan bercampur dengan baik dengan semua jenis ikan berukuran kecil dan sedang yang tidak agresif, dan bahkan dengan yang sedikit lebih besar seperti Angel Fish.

Mereka adalah ikan kawanan dan kami sarankan untuk memelihara setidaknya lima belas ekor ikan bersama. Sekelompok ikan ini adalah pemandangan yang sangat menyenangkan. Mereka tidak memiliki warna dan sirip indah seperti Ikan cupang atau warna seperti Kardinal Tetra yang spektakuler tetapi mereka memiliki keindahan tersendiri.

Glass Bloodfin Tetra adalah ikan yang berenang cepat dan dikenal suka melompat keluar dari air, jadi kami akan merekomendasikan agar Sobat Exotic menggunakan penutup akuarium. Mereka adalah Ikan Tropis dan membutuhkan pemanas kecuali mereka dapat dipelihara di ruangan yang tidak pernah dingin. Kami menyetel termostat untuk ikan ini pada 24 derajat C. meskipun beberapa orang lebih suka menyetelnya sedikit lebih tinggi.

Persyaratan dan Ukuran Akuarium

Ukuran Akuarium minimum untuk kawanan kecil berisi sekitar 15-20 ekor ikan adalah antara 100 Liter, tetapi Akuarium yang lebih besar selalu lebih baik, karena menyediakan lebih banyak ruang untuk berenang.

Glass Bloodfin biasanya berenang di bagian tengah hingga atas Akuarium.

Jika datur dengan benar dan dijaga dalam parameter air yang sama, Tetra Glass Bloodfin akan menjadi sangat kuat dan mudah dirawat.

Info Pets Selanjutnya  Jual Beli Ikan: ¬†Koi, Cupang, Arwana, Ikan Predator,Ikan Koki, Louhan, Discus, Guppy

Perilaku Ikan Glass Bloodfin Tetra

Tetra Glass Bloodfin mungkin agak pemalu pada awalnya terutama jika tidak dipelihara dalam kelompok besar, karena mereka adalah ikan kawanan, mereka merasa lebih aman dan bahagia di dalam kelompok besar.

Karena berukuran sangat kecil, Sobat Exotic memiliki keuntungan karena dapat menampung beberapa ekor Bloodfin di Akuarium Sobat Exotic sekaligus.

Mereka adalah ikan yang cukup aktif dan berenang cepat, jadi mereka pasti akan meramaikan suasana akuarium Sobat Exotic.

Sesekali mereka suka menggigit satu sama lain dan ini adalah perilaku normal, kecuali jika meningkat dan terlalu tidak terkendali, pisahkan ikan yang nakal tersebut.

Kawanan Akuarium

Ikan pendamping yang cocok untuk sekumpulan Glass Bloodfin Tetra meliputi: Guppies, Platies, Swordtails, Mollies, Fighting Fish, Paradise Fish, Bronze Catfish, Albino Catfish, Peppered Catfish, lele kecil lainnya, Pemakan Alga, Scissortail Rasboras, Harlequin Rasboras ukuran kecil dan sedang, semua tetra, dan semua gurami biasa.

Ikan Glass Bloodfin Tetra

Untuk Akuarium campuran kami merekomendasikan Ph sekitar 7 (netral). Glass Bloodfin akan menerima air yang lebih keras daripada kebanyakan tetra tanpa efek buruk, dan mengatasi air mengejutkan yang berasal dari keran selama Chloramine dihilangkan terlebih dahulu, dan Ph diturunkan menjadi sekitar 7,2.

Ikan ini adalah omnivora dan makanan serpihan untuk ikan tropis yang baik adalah makanan pokok yang paling umum diberikan kepada mereka. Mereka juga menyukai makanan hidup seperti daphnia serta makanan beku seperti cacing darah. Mereka akan memakan makanan ikan biasa. Glass Bloodfin lebih disukai sebagai pemakan permukaan dan tengah air, tetapi mereka pasti akan pergi ke dasar Akuarium untuk mencari makan jika perlu.

Cara Budidaya Ikan Glass Bloodfin Tetra

Bloodfin Tetra adalah petelur yang menyukai privasi  selama berkembang biak.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat 2 Jenis Ikan Tetra

Akuarium budidaya harus memiliki penerangan yang sangat rendah dan airnya harus lebih asam.

Untuk meningkatkan kondisi kesehatan mereka dan membuat mereka dapat berkembang biak dengan baik, berikan mereka makanan berkualitas tinggi yang kaya nutrisi, seperti udang air asin.

Setelah beberapa hari, 3000 hingga 5000 butir telur akan diletakkan pada tanaman berdaun lebar, jadi pastikan Sobat Exotic menyediakan tanaman ini dalam jumlah yang sesuai.

Ingatlah untuk memisahkan induknya setelah betina bertelur jika Sobat Exotic ingin memelihara burayak.

Glass Bloodfin akan berkembang biak di air yang lebih keras daripada banyak jenis tetra. Mereka adalah penebar telur, bertelur semi perekat, seringkali di atas tanaman.

Harga ikan Glass Bloodfin

Harga ikan Glass Bloodfin Tetra bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan tersebut. Glass Bloodfin Tetra adalah jenis ikan yang dikenal dengan nama ikan tetra darah atau ikan tetra dengan warna darah di ujung ekor dan pada bagian dada. Harga rata-rata untuk ikan Glass Bloodfin Tetra berkisar antara Rp.50.000 hingga Rp.200.000 per ekor, tergantung pada ukuran dan kualitas ikan.

Namun, harga dapat lebih tinggi jika ikan tersebut adalah spesimen yang sangat langka atau memiliki warna yang sangat indah. Harga juga dapat berbeda berdasarkan tempat dan waktu pembelian. Kami ingatkan bahwa ikan Glass Bloodfin Tetra tidak dikenal sebagai jenis ikan yang benar-benar ada, jadi pastikan untuk mengecek dengan pedagang atau toko ikan untuk mengetahui jenis ikan yang sesungguhnya mereka tawarkan.

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Dan Perawatan Ikan Glowlight Tetra