Bagaimana Merawat Bayi Iguana

Bagaimana Merawat Bayi Iguana

Merawat bayi iguana sama seperti merawat bayi hewan peliharaan misalnya anak anjing, anak kucing atau anak ayam. Tahap bayi adalah periode penting di mana sobat Exotic merawat iguana mulai dari asupan makanan hingga sentuhan fisik. Ini akan membantu membentuk karakter iguana, seiring bertambahnya usia.

Iguana mungkin tidak sesensitif dan selembut bayi mamalia, tetapi ada hal tertentu harus dipelajari dan diterapkan dengan sangat hati-hati. Terlalu banyak atau kekurangan perlengkapan reptil bisa berakibat bayi iguana menjadi tidak sehat. Penting bagi sobat Exotic untuk memahami dan mengikuti poin-poin ini dalam merawat bayi iguana.

Karakteristik

Penglihatan

Bayi iguana memiliki penglihatan yang bagus dan dapat melihat jarak jauh, bentuk, warna dan gerakan. Kandang diletakkan di dalam ruang tertutup dengan pengaturan suhu yang sejuk dan stabil.

Pendengaran

Telinga bayi iguana disebut tympanum, dengan sistem pendengaran yang sangat sensitif. Hindari suara keras dan bising. Berikan mereka kandang yang tenang dan damai.

Kebutuhan Penting Untuk Merawat Bayi Iguana

Bagaimana Merawat Bayi Iguana
  1. Kandang

Pastikan kandang iguana memiliki ventilasi yang terbuka dari semua sisi tetapi memiliki penutup untuk perlindungan. Penutup luar yang dapat dilepas dari bahan ringan mungkin berguna di malam hari agar tetap hangat.

Lantai tertutup dianjurkan untuk mencegah serangga menyerang kandang. Lapisan lain disarankan untuk membawa kehangatan. Pilihan biaya antara menggunakan karpet atau koran bekas. Makanan dan air mineral dapat diletakkan di sudut kandang dan pastikan diisi ulang sesuai kebutuhan.

Sediakan dahan pohon di dalam kandang untuk agar bayi iguana dapat memanjat. Ini juga untuk melatih otot-ototnya. Ukuran kandang harus cukup besar untuk meletakkan banyak cabang pohon sehingga bayi iguana bisa bergerak lebih leluasa.

  1. Temperatur
Info Pets Selanjutnya  Cara Perawatan VIP Untuk Kura-Kura

Bayi iguana membutuhkan suhu yang tepat. Kisaran suhu antara kandang 22 hingga 30 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban 30% hingga 60%. Selama cuaca dingin, disarankan untuk menempatkan lampu pemanas dikandang.

  1. Pemberian Pakan

Bayi Iguana menyukai buah-buahan dan sayuran. Makanan harus mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor. Atur makanan menjadi potongan-potongan kecil agar mudah digigit. Tidak seperti hewan peliharaan lain yang bisa makan apa saja mulai dari daging hingga makanan kaleng, bayi iguana lebih seperti pemakan tumbuhan.

Konsultasi Dengan Dokter Hewan

Pastikan membawa bayi iguana sobat Exotic untuk kontrol secara teratur ke dokter hewan setempat. Hal ini diperlukan untuk pemeriksaan dan konsultasi perawatan yang tepat saat bayi iguana tumbuh.

Dian

Top