Ayam Hias Langka Favorit Para Peternak

Ayam Hias Langka Favorit Para Peternak

Berikut adalah contoh ayam langka di indonesia dan menejadi favorit para peternak ayam hias. Sebagai koleksi, mereka menghasilkan bermacam-macam telur berwarna coklat merah muda, putih, putih bersih dan biru / hijau. Masyarakat Indonesia telah beternak ayam selama ribuan tahun dari ayam liar di hutan. Saat ini ada sekitar 325 kombinasi ciri fisik ayam.

Viandotte atau Ayam Batik

Dari semua ras yang dipelihara, yang ini adalah ayam favorit. Viandotte atau Ayam Batik hadir dalam beberapa varian warna dan berasal dari Amerika. Varietas ayam batik Bertali Perak berkembang di negara bagian New York, sementara Viandotte atau Ayam Batik lainnya berkembang di negara bagian utara dan timur laut pada akhir abad ke-17 dan selama paruh pertama abad ke-25.

Bulu-bulunya benar-benar terlihat hitam, putih dan perak terjalin, dan telur cokelatnya terlihat bahkan “bulat” daripada ayam ras lain dan dapat memiliki warna merah muda. Bobot jantan (ayam jantan) berat rata-rata 2 Kg dan betina (ayam) sekitar 5 Kg. Mereka memiliki suasana hati yang baik, meskipun ayam Viandotte atau Ayam Batik Bertali Perak kami tampak lebih agresif daripada ayam lain. Viandotte atau Ayam Batik adalah betina yang sangat baik.

Ayam Ancona

Berikut adalah jenis ayam non-komersial yang dikenal karena kemampuannya bertelur. Ayam Ancona berasal dari Italia dekat kota Ancona. Ras ini datang ke Indonesia pada abad ke-20. Ayam ini memiliki asal campuran, yang mencakup ayam leghorne awal dan dianggap sebagai pembawa telur yang sangat kuat dan subur. Telurnya berwarna putih dan agak kecil. Bulu hitamnya yang indah ditutupi dengan ujung putih.

Mereka adalah jenis yang lebih ringan dari ayam Viandotte / ayam batik, jantan dengan berat sekitar 1,5 kg dan ayam betina sekitar 1 kg. Mereka makan sendiri dengan sangat baik dan tampaknya tidak keberatan dengan iklim yang keras. Trah ini dianggap langka di Indonesia.

Ayam Araucana

ayam hias langka

Inilah ayam biru / pirus yang terkenal dengan kemampuan bertelur. Menambahkan beberapa ekor ayam Araucans ke kawanan saya benar-benar menambahkan tampilan pelangi. Cerita tentang asal-usulnya berbeda, tetapi tampaknya mereka berasal dari Amerika Selatan di dekat bagian utara Chili dan muncul di Indonesia sekitar tahun 1990, ketika mereka diimpor oleh seorang peternak bernama Joe. Penduduk asli Araucana mengawinkan “Collonca” dengan “Quetro” yang menghasilkan seekor ayam yang kemudian dikenal sebagai Araucana.

Info Pets Selanjutnya  Manfaat Klinik Dokter & Perawatan Hewan yang Berkualitas

Ayam Fajumis Mesir

Trah ini sangat jarang di Indonesia, tetapi telah dibudidayakan di Mesir di sepanjang Sungai Nil selama berabad-abad. Ini adalah breed kecil yang secara alami matang lebih cepat daripada breed lain, dan betina muda mungkin bertelur pada awal usia empat bulan. Dan luar biasa, ayam jantan bisa mulai berkokok pada usia lima minggu! Mereka memiliki tanda hitam, putih dan perak yang indah dan dapat memiliki warna kaki kehijauan atau abu-abu-biru.

Ayam Phoenix / Ayam Onagadori

ayam hias

Ayam Phoenix adalah ras ayam ekor panjang yang sangat tua yang berasal dari Jepang, meskipun beberapa peternak percaya bahwa itu berasal dari nama melayu, dan kemudian tiba di Indonesia di mana ia dimurnikan dari ayam berekor panjang lainnya dan diberi nama “Ayam Onagadori“. Ayam, yang dianggap sebagai ayam yang aktif, bertelur putih atau berwarna terang namun tidak bertelur sebanyak breed lainnya.

Panduan Pemula Untuk Beternak Ayam Hias

Ayam telah didomestikasi untuk sebagian besar sejarah manusia dan tetap menjadi andalan banyak peternakan dan bahkan rumah keluarga perkotaan di seluruh dunia. Mereka secara alami cocok dengan kehidupan manusia. Sobat Exotic dapat memelihara ayam untuk mendapatkan telurnya dan terkadang untuk mengkonsumsi dagingnya, tetapi mereka juga bisa menjadi hewan peliharaan dan sahabat yang luar biasa. Ayam adalah hewan peliharaan praktis yang sangat masuk akal untuk dimiliki. Terlepas dari semua hal baik dan sejarah yang dimiliki ayam dengan manusia, mereka membutuhkan perawatan yang ekstensif. Meskipun ini seharusnya tidak terlalu berlebihan bagi seseorang pemula. Jika kebutuhan mereka tidak terpenuhi, kesehatan dan kesejahteraan ayam hias bisa menurun drastis dan mereka tidak lagi menjadi tambahan yang bagus untuk sebuah keluarga dan bukan karena kesalahan mereka sendiri.

Inilah dasar-dasar perawatan ayam hias yang perlu diketahui dan dipahami oleh setiap pemelihara ayam baru sebelum mereka terjun ke bisnis peternakan ayam hias.

Kandang Ayam Hias

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana melindungi hias ayam peliharaan. Ayam perlu hidup di lingkungan yang aman yang dirancang dan dibangun khusus untuk mereka. Kandang ayam harus memiliki beberapa fungsi. Mereka harus mampu melindungi dari cuaca buruk karena hujan dan dingin karena ini adalah dua musuh besar ayam, serta panas di beberapa daerah. Kandang ayam harus dapat menampung ayam dengan cara yang sehat dan bersih, dengan ventilasi yang baik. Plus, kandang ayam juga perlu menjaga ayam aman dari predator.

Info Pets Selanjutnya  Jual Beli Burung: Lovebird, Anis kembang, Murai, Cucakrowo, Parrot, Parkit, Merak

Kandang ayam harus mampu menjaga ayam tetap kering dan terhindar dari angin. Ini berarti kandang dibangun dengan kokoh. Kandang perlu memiliki atap yang tidak bocor dan dinding yang tidak membiarkan angin masuk. Pencahayaan di dalam kandang terkadang dapat memberikan kenyamanan bagi ayam, terutama bagi anak ayam yang masih kecil. Pemanasan kandang ayam hias umumnya tidak perlu dan sebenarnya dapat merugikan kesehatan ayam dan bisa menjadi bahaya kebakaran besar. Kandang ayam perlu memiliki sarang, kotak saran dan tempat untuk akses makanan dan air.

Lantai kandang bisa terbuat dari banyak bahan dan bisa dibuat menggunakan banyak jenis seperti serutan kayu, pasir, jerami, tetapi lantai harus bersih dan kering setiap saat. Permukaan di dalam kandang dapat mengumpulkan banyak kotoran, jadi konstruksi kandang yang mencegah area yang bisa dikotori selain lantai sangat ideal. Misalnya, kotak sarang harus dibuat sedemikian rupa sehingga lebih rendah dari palang atau platform (ayam suka bertengger di tempat setinggi mungkin) dan kotak sarang harus memiliki atap miring yang licin untuk mencegah ayam tidak hanya buang air besar di sarang tetapi juga juga dari buang air besar di seluruh bagian atas kotak.

Pengaturan Ventilasi Kandang

Ventilasi adalah salah satu masalah yang sulit dipecahkan dan banyak peternak bingung karena kehabisan angin untuk ventilasi yang baik. Ventilasi yang baik berarti udara basah yang panas yang secara alami dihasilkan di dalam kandang oleh ayam hias dan kotorannya dapat keluar dari kandang dengan mudah. Hal ini biasanya dilakukan dengan semacam pipa atau ventilasi di sepanjang bagian atas kandang sehingga udara hangat secara alami naik dan keluar dari pipa, dan udara segar dapat bersirkulasi dari pintu atau jendela di kandang secara alami dan pasif tanpa menciptakan angin di kandang. Ini dapat membantu ayam hias menghindari masalah kualitas udara yang dapat membuat mereka sakit dan masalah flu di suhu dingin musim hujan.

Info Pets Selanjutnya  Tahapan Budidaya Ayam Onagadori Ekor Panjang

Dan akhirnya kandang harus aman dari pemangsa. Ada berbagai jenis pemangsa yang ingin memakan ayam, mulai dari musang hingga elang. Ular suka makan telur dan anak ayam. Bahkan anjing tetangga bisa menjadi ancaman serius. Kandang harus dibangun dengan baik dengan kunci dan pagar yang baik yang tidak dapat dirobek atau dimanipulasi oleh pemangsa. Retakan dan lubang harus ditutup jika memungkinkan. Pekarangan ayam yang dipagari dengan baik untuk menjauhkan sebagian besar pemangsa.

Aturan umum tentang ruang kandang per-ekor ayam adalah sebagai berikut: Untuk kandang membutuhkan 1 meter persegi perekor ayam hias ukuran standar. Dan tentu saja, semakin luas ruang yang dapat sobat Exotic sediakan untuk kandang mereka, semakin baik.

Makanan Ayam Hias

Memberi makan ayam hias dan memenuhi kebutuhan nutrisinya lebih sederhana daripada mengatur setelan kandang. Ada banyak sekali pakan ayam yang diformulasikan dan terbukti secara ilmiah dapat memenuhi semua kebutuhan kebutuhan nutrisi ayam hias. Anda dapat menemukan di toko makanan burung mana pun. Melengkapi diet ini tidak diperlukan tetapi ayam hias sangat menikmatinya. sobat Exotic dapat memberi makan ayam apa saja, bahkan banyak pemelihara ayam memberikan sisa makanan dapur. Sampah sisa dapur berubah menjadi telur lezat? Ya silahkan! Suplemen lain seperti biji-bijian atau jagung giling, pelet biasa atau dedak tumbuk juga bisa sobat Exotic berikan. Air bersih dan segar harus selalu tersedia. 

Penyakit dan Kesehatan Ayam Hias Secara Keseluruhan

Ayam hias rentan terhadap banyak parasit dan penyakit, seperti halnya manusia dan hewan peliharaan lainnya. Ayam juga melakukan hal-hal seperti memakan telurnya sendiri atau bahkan mengkanibal. Ayam harus tetap kawin dan juga sehat secara mental. Lingkungan hidup yang bersih dengan ventilasi yang baik, akses air bersih serta makanan yang baik adalah awal yang tepat untuk membantu mencegah penyakit. 

Top