Jenis Kura-kura Darat Yang Tepat Untuk Sobat Exotic Pelihara

Jenis Kura-kura Darat Yang Tepat Untuk Sobat Exotic Pelihara

Keputusan untuk membeli kura-kura darat harus merupakan langkah yang dipikirkan dengan matang. Memiliki hewan peliharaan pada umumnya dapat merubahan gaya hidup, terutama jika ini adalah hewan peliharaan pertama sobat Exotic. Jika sobat melihat kura-kura darat dijual dan berpikir untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli. Untuk mengetahui jenis kura-kura darat yang cocok untuk dipelihara, baca terus artikel ini guna mengetahui kebutuhan nutrisi, temperamen, kebutuhan habitatnya dan banyak lagi!

Perilaku.

Meskipun setiap kura-kura darat berbeda temperamennya, beberapa spesies diketahui lebih ramah daripada yang lain.  Apakah itu kura-kura sulcata, Rusian tortoise, Radiata, Yniphora, Burmese atau spesies lain yang tak terhitung jumlahnya, Sobat Exotic akan menemukan berbagai jenis kepribadian dari kura-kura darat ini.

Namun, ada beberapa pendapat umum tentang kura-kura darat mana yang terbaik untuk dipelihara. Sulcata dikenal lebih sosial dan suka disentuh dan dielus. Kura-kura Red footed bisa sangat menyenangkan untuk dipelihara. Mereka adalah teman peliharaan yang hebat. Kura-kura darat Rusian cenderung lebih berani, tidak takut, meskipun pada awalnya mereka mungkin nampak malu-malu.

Kebiasaan.

Mengetahui apa yang disukai kura-kura darat akan membantu Sobat Exotic menciptakan habitat kandang yang lebih baik. Sama seperti temperamen, kebiasaan kura-kura darat bisa berubah; Tetapi ada kebiasaan umum yang mudah diamati. Kura-kura darat suka menggali tanah dan biasanya lebih suka melewati/nenerobos rintangan apa pun didepannya daripada berjalan memutar.

Kura-kura darat juga suka melarikan diri dan bersembunyi, jadi pastikan pagar kandang cukup tinggi sehingga mereka tidak bisa memanjat dan bersembunyi. Meskipun saat memberi makan kura-kura darat secara manual menggunakan tangan dapat berisiko tinggi digigit secara tidak sengaja, kura-kura darat bukan jenis hewan buas yang suka menggigit.

Info Pets Selanjutnya  Dimana Tempat Membeli Kura-kura Darat?

Catatan Exotic

Kura-kura darat terlahir sebagai hewan yang menggemaskan. Kura-kura darat dapat tumbuh ratusan kali lipat dari ukuran mereka disaat masih baby. Sobat Exotic dapat membeli baby kura-kura darat dalam wadah kecil, tetapi pada akhirnya Sobat Exotic harus menemukan habitat besar yang dapat ditinggali dengan nyaman. Seperti yang Exotic Market Indonesia sebutkan sebelumnya, kura-kura darat suka memanjat dan melarikan diri dari kandang. Maka dari itu diperlukan kandang besar yang stabil dan terlindungi. Habitat Kaca disarankan karena kura-kura darat lebih menyukai privasi dan dapat dibuat dengan 4 dinding kaca dan pastikan ada tempat untuk bersembunyi.

Jika sobat Exotic meletakkan kandang outdoor, kandang yang luas sangat cocok.

Kebutuhan Pakan.

kura-kura darat

Makanan kura-kura darat cukup sederhana. Untuk nutrisi terbaik, Sobat Exotic cukup menyediakan berbagai makanan nabati serta protein dari makanan hidup. Sekitar 40% dari makanan kura-kura darat harus berupa sayuran segar. Selada, Siomak, Caisim, semuanya bagus untuk kura-kura darat. Setiap jadwal makan ketiga atau keempat, berikan lebih banyak buah-buahan.

Makanan instan seperti pelet curah khusus kura-kura darat juga baik, serta berbagai sumber protein dari cacing, jangkrik, dan serangga lainnya.

Pencahayaan dan kebutuhan suhu.

Kura-kura darat menyukainya suhu panas. Pastikan sobat Exotic menyediakan lebih dari satu sumber panas, salah satunya adalah heat lamp untuk menghangatkan diri di bawah sinar matahari buatan. Pemanas di bawah kandang atau biasa dikenal dengan heat pad dapat sobat Exotic gunakan.

Mulai mencari kura-kura darat untuk dibeli.

Dengan semua info di tangan, sobat Exotic sekarang tentu sudah memiliki pilihan kura-kura darat peliharaan yang tepat. Kura-kura darat merupakan salah satu hewan peliharaan jenis reptil yang paling populer, jadi menemukan kura-kura darat untuk dibeli tidak akan menjadi masalah besar.

Info Pets Selanjutnya  Cara Perawatan VIP Untuk Kura-Kura

Trik Mencari Buku Perawatan Kura-kura Darat Terbaik?

Apakah sobat Exotic ingin membeli buku tentang cara merawat kura-kura? Jika demikian, ada beberapa hal yang harus di ketahui. Tidak semua buku layak untuk dibeli. Berikut adalah beberapa tips saat mencari di toko buku atau secara online. Lagi pula, jika sobat Exotic menginginkan referensi mendalam yang dapat digunakan dari tahun ke tahun, buku ini harus memiliki otoritas. Di sini Exotic Market Indonesia akan menguraikan hanya beberapa poin penting yang harus dicari ketika membeli buku panduan.

1. Apakah penulis memiliki dasar pengetahuan yang baik dan mampu menyampaikannya kepada pembaca?

2. Apakah penulis bisa di hubungi melalui alamat email atau apakah ini merupakan buku referensi umum tanpa penulis khusus?

3. Apakah sobat Exotic menyukai gaya bahasa dari buku ini, apakah ada informasi rinci tentang kesehatan, lingkungan, pemberian makan, penghangat ruangan, pencahayaan, dll?

4. Apakah buku tersebut memiliki informasi rinci dan panduan spesifik tentang apa yang harus dicari saat membeli kura-kura atau bahkan ke mana sobat Exotic harus pergi untuk membelinya? Beberapa spesies tortoise terancam punah dan sobat Exotic tidak diizinkan secara hukum untuk membelinya.

5. Apakah nasihat dan informasi yang terdapat dalam buku ini mudah diikuti dan bersifat praktis sehingga sobat Exotic dapat mempraktekkannya atau apakahbuku itu ditujukan untuk audiens yang lebih akademis?

Meskipun informasi ini mungkin tampak ‘masuk akal,’ jika ternyata sobat Exotic masih baru atau pemula dalam merawat kura-kura darat, sobat akan berada dalam situasi tenggelam kedalam informasi yang berlebihan. Penting untuk diingat, jika sobat berencana untuk membeli kura-kura, sobat harus menyadari bahwa hewan peliharaan baru  mungkin akan hidup lebih lama dari sobat. Ini adalah komitmen besar untuk diambil dan ini harus selalu ada di pikiran sobat.

Info Pets Selanjutnya  Rekomendasi Kura-Kura Darat Yang Mudah Di Pelihara

Membawa kura-kura ke rumah membutuhkan lebih dari sekadar kandang kelinci dan beberapa daun selada. Paling tidak sobat  harus tahu seberapa besar kandang yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan yang optimal. Sobat Exotic harus tahu apa jenis substrat yang harus digunakan di dalam kandang dan juga makanan apa yang dibutuhkan spesies kura-kura pilihan sobat.

Berbagai jenis chelonian membutuhkan lingkungan yang sangat berbeda untuk hidup agar dapat berkembang dan tetap sehat. Jika  memutuskan membeli spesies yang kurang populer, sobat Exotic mungkin harus menyediakan kandang yang lebih besar . Salah satu jenis kura-kura besar akan membutuhkan kandang yang sangat besar yang bisa menjadi ukuran seluruh ruangan di rumah sobat. Ketika sobat Exotic mencari informasi online tentang kura-kura darat peliharaan, Sobat Exotic akan menemukan sejumlah besar informasi, namun tidak semua informasi itu otoritatif atau bahkan benar.

Ada begitu banyak elemen yang perlu dipertimbangkan bahkan sebelum membeli kura-kura. Oleh karena itu sobat Exotic harus memilih panduan  untuk merawat mereka dengan sangat hati-hati. Setelah menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah dan uji tuntas, sobat akan dapat mempersempit pencarian  menjadi hanya beberapa panduan saja. Apa pun yang sobat pilih, semoga berhasil merawat kura-kura darat.

 

Top