Apa Jenis Kadal Terbaik Untuk Dipelihara?

Apa Jenis Kadal Terbaik Untuk Dipelihara?

Apa saja jenis kadal terbaik untuk dipelihara? Sobat Exotic, kadal telah dijadikan hewan peliharaan sejak lama, namun dari 4,675 spesies hanya ada sekitar dua ratus yang cukup populer sebagai hewan peliharaan.

Ada empat jenis kadal yang biasa ditemukan di peternakan, EMI mencoba menggambarkan kenapa beberapa spesies lebih baik, cocok untuk berkembang biak dan dijadikan hewan peliharaan.

Dengan mempertimbangkan banyak hal seperti ukuran dan ruang hidup, kebutuhan nutrisi, rentang usia dan biaya yang dibutuhkan untuk memberikan perawatan jangka panjang.

4 Jenis Kadal Terbaik Untuk Dipelihara

  • Iguanidae

jenis kadal pertama yang harus dipertimbangkan adalah Iguanidae, mencakup Anole dan Iguana. Anole Hijau berasal dari hutan bagian tenggara Amerika dan merupakan kadal kecil bertubuh ramping. mampu tumbuh hingga 16 cm dengan rentang usia 3-5 tahun.

Apa Jenis Kadal Terbaik Untuk Dipelihara

Sebagai spesies diurnal, mereka aktif pada siang hari, memakan berbagai serangga kecil. Anole dapat dilihat sebagai kadal peliharaan yang ideal karena tidak membutuhkan banyak ruang, tidak membutuhkan waktu perawatan yang padat, makanan banyak tersedia di toko hewan peliharaan dan cukup memberikan hiburan di siang hari.

Anole bergerak sangat cepat dan mampu memanjat dinding kandang sehingga sulit ditangkap, jika sobat Exotic menginginkan hewan peliharaan untuk dipegang. Jika habitat memiliki banyak cabang pohon, kadal ini bisa sulit ditemukan.

Contoh lain dari spesies dalam famili ini adalah Iguana Hijau yang populer, habitat alami dari hutan tropis di seluruh Amerika Latin. Berbeda dengan Anole, ini dapat tumbuh hingga 1,83 m yang mengesankan dan memiliki rentang usia 5-25 tahun.

Sebagai hewan peliharaan, Iguana membutuhkan banyak ruang, perawatan berkelanjutan selama bertahun-tahun dan rutin berinteraksi agar Iguana tetap jinak.

Info Pets Selanjutnya  Kura-kura Darat: Tips Membeli dan Memelihara

Untuk lebih menambah masalah, Iguana sering dijual dalam ukuran baby kepada orang-orang yang tidak menyadari bahwa butuh dana besar untuk pemeliharaan.

  • Eublepharidae

Famili kedua adalah Eublepharidae yang meliputi Leopard dan Gecko Ekor Gemuk Afrika. Leopard gecko (Eublepharis macularis) adalah salah satu kadal kuat yang merespon dengan baik kehidupan di peternakan. Ratusan ribu ekor bayi  gecko yang dijual setiap tahun, dikembangbiakkan dan ditetaskan ole peternakan.

Gecko mampu tumbuh sepanjang 20 cm, rentang usia 5-25 tahun, mudah dipegang dan memakan berbagai serangga yang dapat dengan mudah dibeli. Namun leopard gecko aktif di malam hari sehingga sobat Exotic mungkin tidak banyak melihat aktivitas mereka.

Dengan rentang usia yang panjang, memerlukan uang dan waktu untuk merawat hewan peliharaan ini selama bertahun-tahun. Situasi bisa berubah, sobat Exotic harus mempertimbangkan dengan baik sebelum membeli.

  • Agamidae

Kadal lainnya yang populer dijadikan hewan peliharaan adalah dari famili Agamidae, contohnya Bearded Dragon (Poona vitticeps). Kadal ini mampu tumbuh sepanjang 50 cm dengan renang usia 6-12 tahun.

Berasal dari gurun di Australia tengah, bearded dragon adalah kadal bertubuh besar yang jinak sehingga aman untuk dipegang. Jika diperlakukan dengan baik, BD merespons dengan baik pemberian makan dari tangan dan dengan merayap di bahu sobat.

Bearded dragon adalah kadal omnivora,  memakan berbagai jenis serangga, buah-buahan dan sayuran. Mereka adalah hewan diurnal dan sangat aktif sehingga membutuhkan vivarium besar sehingga mungkin memerlukan lebih banyak kegiatan pembersihan kandang daripada spesies lain.

Bearded dragon berkembang biak dengan baik di peternakan dan sering dijual di toko hewan peliharaan terdekat saat masih muda dengan panjang sekitar 11 cm dan bagi sobat Exotic yang tidak memiliki pengetahuan tentang spesies ini mungkin tidak menyadari kebutuhan ruang saat mereka berkembang besar, ini harus dipertimbangkan juga.

  • Chameleonidae
Info Pets Selanjutnya  Membeli Reptil Menjual Salmonella

bunglon veiled

Famili keempat adalah Chameleonidae, termasuk jenis Veiled chameleon (Chameleo calyptratus). Mampu tumbuh sepanjang 50 cm dengan rentang usia 2-5 tahun. Bunglon ini adalah kadal lain yang populer karena kemampuan mereka untuk mengubah warna dan memiliki lidah yang unik.

Bunglon ini mudah stres jika dipegang secara berlebihan. Struktur kaki mereka juga membutuhkan habitat yang sesuai dengan banyak cabang pohon untuk memanjat serta pengaturan kelembaban yang tepat.

Kadal Bisa Menjadi Hewan Peliharaan Yang Sesuai

EMI telah membahas famili kadal yang sering dijadikan hewan peliharaan. Kadal dapat menjadi hewan peliharaan yang cocok jika  sobat Exotic memiliki waktu, ruang, kebutuhan nutrisi dan dapat menanggung biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Pikirkan semua aspek sebelum membeli.

Penting untuk memastikan kadal yang akan dibeli dalam kondisi sehat, bebas dari penyakit dan dibesarkan dalam kondisi yang sesuai, bukan tangkapan alam.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah siapa yang akan merawat hewan peliharaan jika sobat Exotic pergi berlibur, anggota keluarga atau teman mungkin tidak tahu cara merawatnya.

Namun ada sejumlah fasilitas hotel reptil di seluruh penjuru Indonesia, mereka bisa menjaga kadal peliharaan ketika sobat Exotic pergi berlibur, memberikan ketenangan pikiran bahwa semuanya akan baik-baik saja saat sobat kembali pulang.

Gwen

Top