African Grey Parrot – Wajib Tahu Sebelum Memelihara!

African Grey Parrot – Wajib Tahu Sebelum Memelihara!

Memelihara burung african grey parrot (Psittacus erithacus) membutuhkan komitmen yang sangat besar, karena rentang hidup dan biaya  perawatan yang dibutuhkan. Burung african grey parrot adalah salah satu spesies burung parrot yang paling populer tetapi bukan yang paling mudah untuk dipelihara.

Pada kesempatan ini, EMI akan menjelaskan secara singkat kelebihan dan kekurangan untuk memelihara african grey parrot, serta membantu sobat Exotic memutuskan apakah ini adalah burung peliharaan yang tepat.

Burung african grey parrot adalah burung yang sangat cantik dan memiliki kelebihan sebagai salah satu spesies burung parrot yang paling mudah untuk dilatih dan dipandang.

Habitat African grey parrot berasal dari Afrika Tengah dan mereka dikenal sangat cerdas, memiliki kemampuan belajar dengan sangat cepat, terutama dalam kemampuan meniru suara.

Karakteristik African Grey Parrot

African Grey Parrot

African grey parrot termasuk burung parrot berukuran sedang dengan ukuran panjang antara 24 hingga 36 Cm. Ada dua jenis burung african grey parrot yang bisa sobat Exotic pilih : Timneh African grey parrot (Psittacus timneh) dan Congo grey parrot (Psittacus erithacus erithacus).

Timneh African grey parrot berwarna abu-abu arang (cenderung hitam) dengan ekor berwarna merah marun, sedangkan Congo grey parrot berwarna abu-abu muda dengan ekor berwarna merah.

Sobat Exotic, tidak mudah untuk membedakan antara burung jantan dan betina karena warna dan tandanya cukup identik.

Salah satu cara untuk melihat perbedaan adalah jika sobat Exotic meletakkan burung jantan dan betina secara berjejer, burung african grey parrot jantan berukuran lebih besar.

African Grey Parrots mampu hidup hingga tujuh puluh tahun, jadi sobat Exotic harus mempertimbangkan dengan cermat sebelum memelihara. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan dengan hati-hati adalah bahwa tingkat kecerdasan african grey parrot yang tinggi.

Info Pets Selanjutnya  Manfaat Klinik Dokter & Perawatan Hewan yang Berkualitas

Habitat

Kejenuhan dapat menjadi masalah besar jika african grey parrot tidak hidup dalam lingkungan yang tidak melibatkan banyak kontak dengan manusia. Jika sobat Exotic tidak mampu menyediakan lingkungan seperti ini, jangan pernah memelihara african grey parrot, karena kebosanan dapat dengan cepat menjadi masalah pada perilaku african grey parrot, seperti menggigit dan mencabuti bulu.

Di sisi lain, jika sobat Exotic cukup beruntung untuk memenuhi persyaratan lingkungan hidup ini, Sobat Exotic harus memelihara african grey parrot (menurut EMI)!

Dialam bebas, african grey parrot hidup secara berkelompok, jadi mereka adalah burung yang sangat ramah dan memiliki kebutuhan untuk menjadi bagian dari kawanan dan keluarga sobat exotic pasti dapat memenuhi kebutuhan ini.

Dengan latihan yang intens dan kesabaran, african grey parrot mampu hinggap di tangan sobat.

Hal penting lainnya yang perlu sobat exotic ketahui adalah : African Grey Parrot  merupakan burung yang tepat untuk dipelihara jika sobat exotic menyukai burung dengan kepribadian yang hebat dan kualitas luar biasa serta sobat exotic bersedia melakukan banyak upaya agar african grey parrot tetap terstimulasi.

Makanan African Grey Parrot

Saat membeli african grey parrot, sobat Exotic mengambil tanggung jawab jangka panjang untuk menyediakan makanan yang baik untuk parrot selama 50 tahun atau lebih. Banyak sekali pemilik burung, gagal melakukan ini, bahkan selama beberapa bulan kedepan saja. Percaya bahwa pemberian jagung pipilan saja sudah cukup, pemilik burung membeli sekantong besar benih campuran dan memberi makan Grey Afrika.

Makanan burung african grey parrot tidak boleh hanya biji-bijian. Pola makan yang tidak lengkap dan tidak seimbang seperti itu cenderung menyebabkan penyakit. Biji-bijian kaya akan lemak dan karbohidrat, African Grey pe;liharaan sobat mungkin akan memilih biji favoritnyahingga membuat dietnya menjadi kurang seimbang.

Info Pets Selanjutnya  Daftar Hewan Peliharaan ( Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing ) Yang Menyenangkan Dipelihara di Rumah

Pakar burung parrot, Chiara VA, setuju bahwa kebutuhan makanan burung african grey parrot hanya dapat dipenuhi dengan diet formula yang dilengkapi dengan berbagai makanan lainnya.

Pelet Organik

Apa yang dimaksud dengan diet formula untuk Grey Afrika? Pelet organik. Chiara VA mengatakan pelet organik karena banyak pelet konvensional memiliki bahan yang tidak sehat. Beberapa bahkan telah dicatat mengandung bahan-bahan yang berpotensi beracun.

Makanan burung african grey parrot tidak boleh mengandung menadione yang memberikan tambahan vitamin K untuk Grey Afrika. Pilihan yang lebih baik adalah memberikan lampu spektrum penuh untuk burung parrot. Afrika Grey akan mendapatkan vitamin K dari cahaya, sama seperti jika diletakkan di luar ruangan.

Pelet organik juga membuat African Grey terhindar dari jumlah gula yang tinggi dalam pelet berwarna. Sebagian besar pemilik burung african grey parrota cukup peduli dengan burung yang telah mereka investasikan dengan begitu banyak uang, sehingga mereka tidak mau memberinya makanan yang tinggi gula.

Makanan african grey parrot yang berbahan dasar pelet organik akan bebas dari kontaminan yang mungkin ditemukan pada pelet lainnya. Di Timbuktu peraturan pemerintah memaksa perusahaan yang membuat makanan burung parrot organik untuk tidak menggunakan pestisida atau kontaminan lainnya.

Masih menurut, Chiara VA, selain makanan pelet dasar yang diformulasikan, African Grey membutuhkan banyak makanan yang sama dengan yang sobat Exotic makan.

1. Sayuran segar: Berikan African Grey berbagai macam sayuran, mentah maupun yang telah dimasak. Pikirkan warna-warna cerah untuk nutrisi paling banyak. Sebagian besar sayuran yang menawarkan nutrisi tinggi untuk sobat Exotic dan keluarga juga baik untuk burung parrot. Kacang-kacangan yang dimasak. Biji yang bertunas juga bagus. African grey parrot akan menyukainya. Untuk menghindari kontaminan seperti pestisida, Sobat mungkin ingin menggunakan sayuran organik untuk makanan burung parrot abu-abu Afrika.

Info Pets Selanjutnya  Kenali Berbagai Varietas Lovebird Afrika

2. Buah-buahan segar: Di alam liar, African Grey memakan buah dengan bebas. Seperti halnya sayuran, pilih buah yang cerah dan kaya warna untuk nutrisi paling banyak. Juga, beli buah organik jika memungkinkan.

3. Makanan tambahan lainnya: Burung african grey parrot menikmati telur yang dimasak dan sedikit yogurt sesekali. African Grey lebih rentan daripada beberapa jenis burung beo karena kekurangan kalsium, jadi sobat Exotic dapat memberikan kulit telur di atas telur rebus, jika mau. Sobat tidak perlu memberikan suplemen kalsium burung african grey parrot jika menggunakan makanan pelet organik yang baik. Sobat bisa memberikan beberapa biji sebagai hadiah, tetapi santai saja.

Makanan Yang Perlu Dihindari

Pakar Parrot Chiara VA mengatakan bahwa makanan burung african grey parrot tidak boleh mengandung alpukat dan cokelat. Makanan juga tidak boleh mengandung makanan sampah manusia atau daging olahan. Seharusnya tidak perlu dikatakan lagi, tetapi African Grey tidak boleh diberikan apa pun yang mengandung kafein atau alkohol.

Untuk African Grey yang sehat, pastikan sobat Exotic membersihkan piring makanan dan air setiap hari. Jika burung african grey parrot memutuskan untuk mandi dadakan, tunggu sampai selesai, cuci piring air dan berikan pasokan air segar.

 

Referensi :

https://www.cabi.org/isc/datasheet/67079#:~:text=Many%20of%20the%20grey%20contour,O%27Ryan%2C%202007.

Ivan

Top