5 Jenis Ikan Yang Bisa Dipelihara di Akuarium Air Asin

Pada artikel ini, Exotic Market Indonesia memiliki daftar 5 Jenis Ikan Yang Bisa Dipelihara di Akuarium Air Asin. Kami berharap daftar ini bisa membantu. Sobat Exotic tidak ingin membeli ikan yang terlalu sulit untuk dipelihara. Sobat Exotic juga tidak ingin ikan jelek yang hanya berkeliaran di Akuarium, menghabiskan ruang dan makanan.

Jika ini adalah akuarium air asin pertama milik Sobat Exotic, menyatukannya jelas merupakan tugas yang berat. Karena Sobat Exotic tidak tahu cara merawat akuarium, penting bagi Sobat Exotic untuk mempelajari lebih banyak tentang ikan dan invertebrata sebelum membeli.

5 Jenis Ikan Yang Bisa Dipelihara di Akuarium Air Asin

Angel fish

Ingin menambahkan beberapa warna di Akuarium Sobat Exotic? Nah, belilah ikan cantik ini. Keindahan angelfish  merupakan tambahan yang bagus untuk segala jenis Akuarium air asin. Ingatlah untuk menambahkan beberapa batu agar ikan ini bisa bersembunyi.

Butterfly fish

Ikan kupu-kupu adalah salah satu jenis ikan laut. Ada 120 spesies ikan kupu-kupu yang ditemukan di daerah tropis dan subtropis di Samudra Hindia, Pasifik, dan Atlantik. Ikan-ikan ini hadir dalam berbagai warna, garis, atau pola dan mempesona untuk dipandang.

Clown fish

Pernah menginginkan ikan yang Sobat Exotic lihat di film ‘Finding Nemo’? Sobat Exotic bisa. Ikan badut biasanya berwarna sangat cerah, ikan oranye yang memiliki tiga garis putih, satu di kepala, tengah dan ekor.

Talbot’s Damsel

Warnanya sangat cerah, dengan bintik khas di punggungnya, Talbot’s Damsel agak agresif terhadap spesies ikan lain, terutama seiring bertambahnya usia. Selain itu, jenis ikan ini mudah dipelihara dan berumur panjang.

Achilles tang

Meskipun ikan ini sedikit lebih mahal dan sulit dipelihara, Achilles tang adalah salah satu ikan yang paling mencolok untuk akuarium Sobat Exotic. Karena berenang terus menerus dengan kecepatan sangat tinggi, ikan ini membutuhkan Akuarium besar dengan ruang terbuka yang bagus. Jika dipelihara dalam akuarium kecil, ikan ini tidak akan makan dan akan cepat mati. Mereka memakan herbivora mati dan membutuhkan berbagai makanan.

Info Pets Selanjutnya  Mudah Merawat Ikan Rummy Nose Tetra

Membeli ikan pada pandangan pertama bukanlah ide yang baik. Sebaiknya Sobat Exotic meriset sedikit tentang ikan hias laut yang ingin Sobat Exotic pelihara dan periksa apakah mereka cocok satu sama lain atau tidak.

Membeli ikan untuk akuarium air asin milik Sobat Exotic tidaklah mudah. Sobat Exotic perlu mengeluarkan banyak waktu untuk mencari tahu.

Peralatan Apa yang Sobat Exotic Butuhkan untuk Akuarium Air Asin?

Akuarium ikan air asin pada umumnya tidak mudah dipelihara seperti yang mungkin Sobat Exotic yakini pada awalnya. Karena fakta ini, disarankan sebelum membeli akuarium air asin, Sobat Exotic harus meluangkan waktu untuk mempelajari beberapa fitur dan cara perawatan yang menyertainya.

Sayangnya dalam hal memiliki Akuarium ikan air asin, jelas bukan tugas sederhana untuk membawa pulang Akuarium ikan dan langsung memasukkan ikan ke dalamnya. Sobat Exotic harus memiliki kualifikasi tentang cara memasangnya dengan benar, serta mempelajari cara merawat akuarium saat Sobat Exotic sudah menyiapkan semuanya.

Pencahayaan dan Suhu Untuk Akuarium Air Asin

Salah satu jenis unit pemanas yang paling umum digunakan dalam Akuarium yang mendukung ikan air asin adalah pemanas bawah air yang diatur oleh termostat. Desain unit pemanas khusus ini membantu mempertahankan air pada suhu yang menurut ikan sangat memuaskan.

akuarium air asin

Hampir semua spesies ikan air asin lebih suka berada di air yang bersuhu mendekati dua puluh lima hingga dua puluh  delapan derajat celcius. Jenis kondisi ini pasti untuk ikan air asin di akuarium Sobat Exotic karena ini adalah kisaran suhu yang keluar dari akuarium di toko ikan tempat Sobat Exotic membelinya.

Jika Sobat Exotic memiliki salah satu akuarium berukuran besar, maka sangat penting, daripada membeli satu unit pemanas, Sobat Exotic harus membeli dua. Kedua hal ini perlu dipasang di kedua ujung Akuarium ikan untuk memastikan air dihangatkan hingga kisaran suhu yang sesuai secara teratur. Juga, Sobat Exotic disarankan untuk memiliki termostat yang dapat Sobat Exotic gunakan untuk memeriksa suhu di dalam Akuarium secara teratur.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Ikan Badut

Pencahayaan sangat penting dalam Akuarium ikan apa pun, tidak hanya untuk daya tarik visual, tetapi Sobat Exotic juga akan menemukan bahwa pencahayaan sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan ikan secara keseluruhan. Dengan penggunaan sistem pencahayaan yang sempurna, siklus cahaya 8 hingga 10 jam yang tepat dapat dihasilkan, yang kemudian akan mereplikasi lingkungan kehidupan di alam untuk berbagai jenis ikan yang Sobat Exotic dapatkan untuk Akuarium air asin Sobat Exotic.

Sobat Exotic akan memiliki pilihan apakah lebih baik memasang lampu neon di dalam akuarium Sobat Exotic atau menggunakan sistem LED. Sistem LED adalah salah satu yang terbaik untuk dimiliki karena dapat mereplikasi pencahayaan alami jauh lebih baik daripada neon. Lampu halida logam juga merupakan pilihan.

Sumber cahaya yang baik akan membantu meningkatkan pertumbuhan alga yang dibutuhkan karang untuk dapat berkembang. Namun, jika masalah alga Sobat Exotic menjadi terlalu berat untuk ditangani, pastikan untuk membeli produk anti alga alami yang memiliki bahan-bahan tepat yang diperlukan, idealnya mikroorganisme yang bermanfaat, untuk mengendalikan alga sepenuhnya.

Substrat dan Aksesoris Lainnya

Satu lagi peralatan penting yang Sobat Exotic perlukan untuk Akuarium ikan Sobat Exotic adalah bahan untuk menutupi bagian bawah akuarium. Ada dua opsi utama untuk dipilih.

Biasanya sebagian besar orang yang memiliki akuarium air asin di rumahnya ingin memiliki pasir laut dan bebatuan hidup di dalamnya.

Sayangnya, pasir laut saja tidak disukai untuk Akuarium ikan. Sebaliknya, kerikil digunakan karena kinerjanya lebih baik dan lebih membantu dalam pemeliharaan akuarium dan juga memastikan tetap aman untuk ikan di dalamnya.

Kerikil, pada kenyataannya, memiliki mikroorganisme sendiri yang berada di atasnya yang membantu penyaringan air di akuarium, dan mengurangi jumlah amonia. Pasir laut dan batuan hidup dapat digunakan di Akuarium ikan air asin dan terumbu karang selain kerikil.

Info Pets Selanjutnya  Mengenal Aneka Warna Ikan Koi Untuk Pemula